Home / Berita / Nasional / LPOI: Hentikan Pengiriman TKW ke Arab Saudi

LPOI: Hentikan Pengiriman TKW ke Arab Saudi

tkidakwatuna.com – Jakarta. Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) menyampaikan keprihatinan mendalam atas terjadinya kerusuhan di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah. Mengantisipasi terulangnya kejadian serupa, LPOI dengan tegas meminta Pemerintah menghentikan pengiriman tenaga kerja, khususnya wanita, ke Saudi Arabia.

“Yang sekarang diberlakukan hanya moratorium, penghentian sementara. Kami di sini mendesak Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, agar menghentikan selamanya pengiriman tenaga kerja, khususnya wanita ke Saudi Arabia,” kata Ketua Umum LPOI, KH Said Aqil Siroj, dalam jumpa pers yang digelar di Gedung Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Jakarta Pusat, Rabu (12/6).

Menyikapi kerusuhan di Jeddah, LPOI juga mendesak agar Kementerian Luar Negeri meningkatkan pelayanan terhadap TKI bermasalah, yang mana di Arab Saudi saat ini jumlahnya mencapai 1 juta orang. Pemulangan tenaga kerja bermasalah juga mesti dipercepat.

“Untuk penghentian pengiriman yang kami minta hanya wanita, laki-laki masih boleh. Dari satu juta tenaga kerja bermasalah di Arab Saudi, yang paling besar jumlahnya adalah wanita,” tegas Kiai Said.

Sekretaris LPOI, Luthfi A. Tamimi, menyatakan, permintaan penghentian pengiriman TKW ke Saudi Arabia menyangkut pula hukum Islam.

“Istri atau saudara perempuan kita, umrah yang hanya seminggu saja, kalau tidak didampingi muhrimnya tidak boleh. Sementara TKW tahunan tinggal di sana dibiarkan. Aturan apa ini,” tegas Luthfi.

Desakan itu, masih kata Luthfi, juga dikarenakan masih adanya keengganan Pemerintah Arab Saudi menandatangani kesepakatan bersama dengan Indonesia dalam perlindungan terhadap tenaga kerja.

“Kami berharap pemerintah bisa menjalankan apa yang kami sampaikan di sini. LPOI mewakili lebih dari seratus juta suara umat Islam, suara rakyat Indonesia,” pungkasnya. (sl/rmol)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Setelah Langgar Surat Teguran Kedua, KPI Hentikan Tayangan Sinetron ‘Ganteng-Ganteng Serigala’