Home / Narasi Islam / Resensi Buku / Mengungkap Rahasia Alam Semesta

Mengungkap Rahasia Alam Semesta

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

c sejarah waktuJudul Buku: A Brief History of Time: Sejarah Singkat Waktu

Penulis: Stephen Hawking

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Terbit: Januari 2013

Tebal: 203 halaman

ISBN: 978-979-22-9212-1

Harga: Rp. 55.000,-

dakwatuna.com Buku ini merupakan salah satu buku sains terpenting yang ditulis oleh satu di antara para ilmuwan besar zaman kita, Stephen Hawking. Dalam buku ini Hawking membahas pertanyaan-pertanyaan besar seperti: Bagaimana alam semesta bermula—dan apa yang memulainya? Apakah waktu itu, dan apakah ia selalu bergerak maju? Adakah ujung alam semesta, dalam ruang maupun waktu? Adakah dimensi lain dalam alam semesta? Apa yang terjadi ketika alam semesta berakhir?

Lewat penulisan yang mudah dicerna, A Brief History of Time mengajak kita menjelajahi jagad raya berupa misteri lubang hitam, yang ketika terjadi ledakan besar terdapat peran Tuhan di alam semesta beserta segala kemungkinan yang memukau dan mengagumkan.  Dengan penggambaran yang menarik dan menggugah imajinasi, Stephen Hawking membawa kita makin dekat ke rahasia mekanisme alam semesta.

Stephen Hawking dalam buku ini menjelaskan keterkaitan antara waktu dengan alam semesta melalui ilmu fisika. Upaya menjelaskan keterkaitan ini dimulai dengan penemuannya tentang hukum dan aturan ketat, yang kemudian memprediksi dengan akurat perihal penciptaannya (hlm.5-15).

Di sisi lain, ia menyatakan bahwa awal waktu terjadi berbarengan dengan terciptanya alam semesta pada saat terjadi ledakan besar (Big Bang Theory), dalam artian waktu sebelum itu tidak terdefinisikan dan apapun yang terjadi sebelumnya tidak berpengaruh sama sekali terhadap pengamatan kita sekarang.

Dalam penjelasan yang ilmiah, konsep abstrak pada akhirnya dapat dipahami dengan sebuah penjelasan yang konstan dan pasti. Bagi beberapa pihak yang tertarik terhadap penjelasan ilmiahnya juga merasa senang dengan hadirnya buku ini. Karena buku ini mendedahkan pelbagai pemikiran mengenai Tuhan sebagai pengambil keputusan absolut terhadap keteraturan alam semesta.

Teori Stephen dalam buku ini disajikan dengan penjelasan paling sederhana dengan analogi-analogi yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Istilah-istilah rumit fisika dan pelbagai teori yang juga ditunjang dengan ilustrasi gambar serta daftar istilah yang dilampirkan di belakang buku menjadikan buku ini semakin sempurna.

Berbeda dengan buku ilmiah biasanya, bentuk buku ini tipis, namun tidak menghilangkan kepadatan konten di dalamnya. Walau sedikit disayangkan, membaca buku ini memerlukan minat yang serius dan keinginan berpikir yang kuat untuk mencerna kontennya. Terlepas dari itu, buku ini sangat layak menjadi tambahan referensi yang menarik bagi pecinta dunia sains.

Dengan hadirnya buku setebal 203 halaman ini, penulis mengharapkan akan datang suatu masa dimana semua orang, filsuf, fisikawan, dan orang biasa, akan mampu memahami esensi dibalik adanya manusia dan alam semesta di jagad raya ini. Impian tersebut mungkin segera terwujud, dan buku ini menjadi tiket bagi kita untuk memasuki masa itu. Selamat membaca!

 

About these ads

Redaktur: Aisyah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Mahasiswa Astronomi Islam di IAIN Walisongo Semarang

Lihat Juga

Komunitas Alpa Sejarah