Home / Berita / Nasional / Inilah Wiwin Si Pembocor Sprindik KPK

Inilah Wiwin Si Pembocor Sprindik KPK

 

Wiwin Suwandi, Sekretaris Ketua KPK
Wiwin Suwandi, Sekretaris Ketua KPK

dakwatuna.com – KOMITE Etik KPK sudah memutuskan pembocor sprindik KPK adalah Wiwin Suwandi. Dia sekretaris ketua KPK Abraham Samad yang tinggal serumah. Bagaimana profil Wiwin?

Dalam blognya, Wiwin menulis sebagai mahasiswa pascasarjana hukum Universitas Hasanuddin Makassar. Dia juga kerap menulis untuk sejumlah media di Makassar dengan label sebagai pengamat hukum dan konstitusi pada Pusat Kajian Konstitusi Unhas.

Wiwin lahir di Buton (Sultra) 9 Mei 1985. Dia menjadi mahasiswa program Strata Satu (S1) Fakultas Hukum Unhas pada tahun 2003 melalui jalur matrikulasi dan menamatkan studi pada 9 September 2009. Aktif di berbagai organisasi intra dan ekstra kampus.

Wiwin sempat meniti karier jurnalistik sebagai wartawan kampus pada Lembaga Pers Mahasiswa Hukum Unhas (LPMH-UH). Lalu, menjabat sebagai Pimred Buletin Eksepsi Lembaga Pers Mahasiswa Hukum Unhas (LPMH-UH) pada tahun 2004.

Pada April-Oktober 2008 bergabung dalam Tim Riset Assesment Report Tindak Pidana Perdagangan Orang (human trafficking), kerjasama PSP-HAM Unhas dan ICMC di 6 provinsi (Sulsel, Sulut, Jatim, Kaltim, NTT, NTB).

Dia masuk menjadi sekretaris ketua KPK, tak lama setelah Abraham Samad terpilih sebagai ketua KPK. Posisi sebelumnya diisi oleh Lusia Ida, wanita yang dua periode duduk sebagai sekretaris ketua KPK.

Wiwin Suwandi berteman baik dengan Tri Suherman.

Menurut Komite Etik KPKsprindik KPK diserahkan Wiwin kepada Tri Suherman dan Pollycarpus di Setiabudi Building pada 8 Februari 2013. Dokumen itu dicetak di printer yang juga dikuasai Wiwin Suwandi.

Tri Suherman adalah jurnalis Koran Tempo yang sehari-hari bertugas meliput di KPK. Sebelum di KPK, Tri yang juga alumni Fakultas Hukum 45 Makassar ini pernah bertugas sebagai jurnalis Koran Tempo Makassar. 

Sejumlah jurnalis di Makassar mengenal Tri dan Wiwin sudah lama akrab sejak keduanya sama-sama di Makassar.  Hubungan keduanya kian intens saat Tri ditugaskan oleh kantornya meliput di KPK, tempat Wiwin juga bertugas.

(sb/dtk/tbn)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (7 votes, average: 6,14 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid (ROL)

HNW: Berapa kali Pun Paripurna Diundur, PKS Tetap Tolak Revisi UU KPK