Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Mengapa Dak Kamar Mandi Saya Bocor?

Mengapa Dak Kamar Mandi Saya Bocor?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com-

Pertanyaan:

Assalaamua’alaikum wa rahmatullah

Pak Ir. Andan Nadriasta di dakwatuna.com , saya ingin menanyakan mengapa dak kamar mandi saya bocor?.  Tetesan air nya sampai menetes ke plafond, bahkan lampu di ruangan bawah pun jadi korslet karena ketetesan air kamar mandi di atas nya.

Saya sudah coba bongkar plafond lantai di bawah nya, lalu perbaiki pipa saluran air nya, namun tetap saja bocor menetes ke bawah.

Saya juga sudah coba water proofing bagian bawah dak beton nya, namun ya begitu. Tetap saja menetes air. Memang tidak deras. Hanya tetesan kecil saja. Namun karena sering, akhirnya plafond rusak semua. Karena air nya jadi menyebar kemana – mana.

Minta tolong petunjuk nya Pak Ir. Andan.

Terima kasih atas perhatian nya.

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Rio – Bekasi

 

Jawaban:

Wa’alaikum salam wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Pak Rio di Bekasi dan netters dakwatuna di manapun anda berada, semoga anda semua dikaruniai barokah dari Allah, serta segenap keluarga di berikan kesehatan serta kelapangan rezki.

Teman – teman sekalian, kasus ini memang susah-susah gampang. Susah karena mencari titik pusat sumber bocor sangat sulit , namun gampang mendeteksi nya karena ada tetesan air di plafond.

Saya langsung cerita pengalaman saya dan mandor saya di lapangan saja ya. Agar solusi nya segera dapat terjawab dan mudah di pahami oleh teman–teman yang memang bukan bergerak di bidang bangunan.

Pak Rio, keramik kamar mandi nya harus di bongkar. Kemudian bongkar pula urugan atau adukan di bawah nya. Hingga ketemu dak beton asli nya. Setelah di buka, maka akan kelihatan jalur air nya. Karena kebocoran pasti jelas berasal dari saluran air.

Pada kasus yang saya temui di lapangan, biasanya sambungan knie paralon air nya tidak terpasang dengan baik. Karena tukang sering tidak hati – hati dalam mengerjakan bagian ini.

Saya up load foto nya agar netters paham akan masalah ini. Hingga melihat foto kasus studi di lapangan akan membuat kita paham dan mengerti di mana sumber kebocoran tersebut.

Memang resikonya korban bahan dan upah tukang bertambah lama karena pekerjaannya jadi membengkak. Namun inilah solusi terbaiknya. Dibandingkan dengan membongkar plafond di bawah nya, lalu melapisi cairan water proof pada dak bawahnya, akan membuat biayanya malah lebih mahal. Selain juga bukan ide yang tepat untuk di jadikan solusi.

Nah, setelah di bongkar semua dan di pasang saluran air yang baru berikut dengan sambungan knie nya di pasang dengan baik dan benar, maka rendam lantai kamar mandi di atas tersebut dengan air. Biarkan ia menggenang beberapa hari untuk mengecek apakah area bocor nya sudah benar – benar berhenti.

Demikian lah yang saya ketahui dan sudah saya lakukan di lapangan. Semoga ide solutif ini ada manfaat nya.

Alhamdulillah, selesai sudah desain kita kali ini. Semoga bermanfaat. Semoga rumah Pak Rio tidak bocor lagi. Doakan juga kami di dakwatuna.  Semoga dakwatuna.com dapat senantiasa istiqamah mengudara di dunia dakwah on line ini.

Akhirul kalam,

Wassalaamua’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Ir. Andan Nadriasta – www.griyainsani.com

Kirimkan email pertanyaan / order desain / pelaksanaan ke : [email protected]
fb  : griyainsani
IG : @griyainsani
Twitter : @griyainsani_com

Follow us: @dakwatuna on Twitter | dakwatunacom on Facebook

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

Bisakah Saya Renovasi Rumah 200 Juta?

Organization