Home / Berita / Internasional / Asia / Ismail Haniyah: Suasana Positif, Modal Persatuan Palestina

Ismail Haniyah: Suasana Positif, Modal Persatuan Palestina

Perdana Menteri Palestina, Ismail Haniyah. (knrp)
Perdana Menteri Palestina, Ismail Haniyah. (knrp)

dakwatuna.com – Kota Gaza. Perayaan milad faksi Fatah di Jalur Gaza diharap bisa menjadi pemulus perdamaian antara kedua faksi bertikai Fatah dan Hamas. Harapan ini diutarakan Ismail Haniyah, Rabu (2/1) waktu setempat.

“Kami harap dengan mengadakan perayaan terbuka bagi Fatah di Jalur Gaza akan melicinkan jalan bagi perujukan nyata antara Hamas dan Fatah,” kata Haniyah.

Haniyah, yang memimpin pemerintahan Hamas di Jalur Gaza sejak Juni 2007 mengatakan situasi positif seperti sekarang ini harus dijaga.

“Semoga saja suasana positif ini bisa dijadikan modal untuk persatuan nasional,” kata dia, dalam pernyataan, setelah pertemuannya dengan anggota Komite Sentral Fatah Nabil Shaath di Jalur Gaza.

Shaath tiba di Jalur Gaza pada Selasa untuk ikut serta dalam perayaan Fatah, yang dijadwalkan diselenggarakan di al-Saraya pada Jumat (4/1).

Al-Saraya adalah sebutan untuk bekas markas keamanan Pemerintah Otonomi Nasional Palestina (PNA), yang dipimpin Fatah, di pusat Kota Gaza. Markas tersebut dihancurkan oleh Israel dalam serangkaian serangan udara gencar selama enam tahun belakangan.

Pasukan keamanan Hamas telah melarang setiap jenis perayaan Fatah selama enam tahun di wilayah Gaza, yang merupakan wilayah kekuasaan Hamas. Namun pada awal tahun ini, Fatah diizinkan untuk merayakan miladnya di wilayah tersebut.

Sebelumnya Fatah mengizinkan Hamas merayakan Milad ke-25 di Tepi Barat pada 13 Desember lalu. (Yudha Manggala P Putra/Xinhua/ROL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Stadium general di aula Universitas Islam As-Syafiiyah. (aspacpalestine.com)

Peringati Hari Solidaritas Palestina, ASPAC for Palestine Gandeng UIA Gelar Stadium General

Figure
Organization