Home / Berita / Nasional / MUI dan Rabithah Alam Islami Jalin Hubungan Resmi

MUI dan Rabithah Alam Islami Jalin Hubungan Resmi

Logo Majelis Ulama Indonesia (MUI). (inet)
Logo Majelis Ulama Indonesia (MUI). (inet)

dakwatuna.com Majelis Ulama Indonesia dan Rabithah Alam Islami menandatangani nota kesepahaman untuk melaksanakan berbagai program pemberdayaan masyarakat Islam, Selasa (25/12) di kantor MUI Pusat Jalan Proklamasi No. 51 Menteng Jakarta Pusat.

Penandatanganan tersebut dilakukan secara langsung oleh Sekjen Rabithah Alam Islami, Syekh Dr. Abdullah bin Abdul Mukhsin Al Turki yang didampingi oleh Duta Besar Arab Saudi, Mustafa Ibrahim A Mubarak, beserta rombongan. Sementara dari pihak Majelis Ulama Indonesia ditandatangani KH Ma’ruf Amin yang didampingi oleh sejumlah pengurus MUI Pusat antara lain Sekjen MUI Ichwan Syam, KH. Muhyiddin Junaidi, KH Yunahar Ilyas, KH Anwar Abbas, Prof. Chuzaiman T Yanggo, Dr. Saleh Daulay, Prof. Amani Lubis, dan lain-lain.

“Kerjasama tersebut meliputi berbagai bidang antara lain pendidikan, ekonomi, pertukaran kunjungan, peningkatan kualitas da’i, pemberian beasiswa kepada pelajar Indonesia, dan pemberdayaan perempuan,” ujar Ketua Komisi Luar Negeri MUI Pusat, Saleh Daulay, Selasa (25/12).

Kerjasama tersebut, lanjut Saleh, sebenarnya tidak terpaku pada bidang-bidang di atas. Tetapi bisa diperluas dalam bidang-bidang lain sesuai dengan kebutuhan kedua belah pihak. Namun demikian, penambahan wilayah kerjasama tetap harus dibicarakan terlebih dahulu oleh kedua belah pihak.

“Kerjasama dengan Rabithah Alam Islami sebenarnya bukan hanya dilakukan sekarang. Sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu. Namun kali ini, kerjasama itu dituangkan dalam bentuk MoU. Dengan begitu, masing-masing pihak mempunyai tanggung jawab untuk merealisasikannya.”

Baik MUI maupun Rabithah Alam Islami merasa senang dengan adanya kerjasama ini. Bagi MUI, kerjasama ini dapat dijadikan sebagai sandaran untuk melibatkan ormas-ormas Islam lain dalam pelaksanaan program-program yang disepakati. Sementara bagi Rabithah Alam Islami, kerjasama ini dinilai penting karena dapat berpartisipasi dalam mengembangkan kualitas masyarakat Muslim Indonesia.

“Selanjutnya, pihak MUI dan Rabithah Alam Islami akan merumuskan MoU tersebut ke dalam program-program yang lebih terperinci. Dalam waktu dekat, kita berharap kerjasama ini segera dapat dilaksanakan. Itu adalah harapan yang disampaikan oleh kedua belah pihak saat memberikan sambutan dalam acara penandatangan Mou tersebut,” demikian Saleh. (zul/RMOL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (change.org)

SNH: Lamban Tangani Kasus Penistaan, Polisi Diujung Tanduk