Home / Berita / Daerah / Gubernur Jabar Anggarkan Bantuan 100 Kapal Nelayan Jabar

Gubernur Jabar Anggarkan Bantuan 100 Kapal Nelayan Jabar

Gubenur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengangkat ikan laut hasil tangkapan nelayan Pamayangsari, Tasikmalaya, Jabar. Selasa (25/12). Heryawan hadiri acara syukur laut yg diadakan oleh nelayan Pamayangsari kecamatan Cipatujah kabupaten Tasikmalaya. (ANTARA FOTO/pd/HO/12)
Gubenur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengangkat ikan laut hasil tangkapan nelayan Pamayangsari, Tasikmalaya, Jabar. Selasa (25/12). Heryawan hadiri acara syukur laut yg diadakan oleh nelayan Pamayangsari kecamatan Cipatujah kabupaten Tasikmalaya. (ANTARA FOTO/pd/HO/12)

dakwatuna.com – Bandung. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menganggarkan di APBD 2013 bantuan 100 kapal untuk para nelayan, kapal berkapasitas 2 GT (gross tonage) itu diharapkan akan menambah produktivitas nelayan Jabar.

“Jadi ada 100 kapal untuk seluruh Jabar, nanti kita lihat untuk kawasan selatan berapa dan utara berapa sesuai kebutuhan,” ujar Ahmad Heryawan dalam sambutan di acara Syukur Laut di Desa Pamayangsari, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa.

Selain bantuan kapal Gubernur Jabar juga berniat mengembangkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kelautan.

“Di sepanjang pantai utara dan selatan Jabar harus berjajar SMK-SMK Kelautan” ujar Heryawan.

Pihaknya berharap, dengan adanya SMK ini maka bisa menghasilkan para tenaga terdidik untuk lebih memaksimalkan sumber daya laut yang begitu kaya di Jabar.

“Nelayan China mencari ikan tuna senilai Rp3 miliar di Samudra Hindia, di selatan pulau Jawa. Mereka unggul di teknologi dan pengetahuan. Saat ini nelayan kita dengan kapal kecil belum bisa seperti itu. Nanti jebolan SMK kita yang akan melakukannya,” katanya.

Dalam kesempatan itu juga Heryawan memberikan bantuan empat buah ruang kelas baru (RKB) untuk SMK Kelautan yang ada di Cipatujah.

“Mudah-mudahan bisa menambah daya tampung siswa nantinya,” kata dia.

Selain bantuan RKB, Gubernur Jabar menyerahkan bantuan peralatan menangkap ikan, sertifikasi tanah, dan kartu nelayan.

Heryawan juga menyaksikan prosesi syukur laut di pantai pamayangsari. Kang Aher turut menaiki kapal nelayan didampingi Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum.

“Ini yang dilabuhkan bukan kerbau atau kepala kerbau, ini hanya simbol saja sebagai rasa syukur para nelayan yang sudah diberi kekayaan laut yang melimpah,” kata dia. (KR-ASJ/Y003/Ruslan Burhani/Ant)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

PON 2016, Jawa Barat (youthmanual.com)

PON Riau, Jabar dan Peristiwa Langka

Organization