Home / Berita / Internasional / Asia / Qatar Kucurkan Investasi di Gaza hingga US$400 Juta

Qatar Kucurkan Investasi di Gaza hingga US$400 Juta

Emir Qatar dan PM Palestina Ismail Haniyah. (MICOM)

dakwatuna.com – Khan Yunis. Doha meningkatkan investasinya dalam membangun kembali Gaza hingga US$400 juta, naik dari US$254 juta, kata perdana menteri Hamas di Gaza Selasa (23/10) pada saat kunjungan bersejarah emir Qatar.

“Emir sepakat untuk meningkatkan investasi Qatar dari 254 juta dolar AS sampai 400 juta dolar,” kata Perdana Menteri Ismail Haniya saat konferensi pers di Khan Yunis di Gaza selatan untuk menandai kunjungan Emir.

Kunjungan ini adalah kudeta diplomatik bagi Hamas, yang pemerintahnya telah diboikot oleh pejabat internasional sejak gerakan paksa mengambil alih Gaza pada tahun 2007, saat pasukannya mengusir tentara loyalis Presiden Otoritas Palestina Mahmud Abbas yang didukung Barat.

Tujuan kunjungan pemimpin Qatar itu adalah meresmikan proyek investasi senilai 254 juta dolar AS untuk membangun kembali Jalur Gaza yang miskin dan mengalami kerusakan berkelanjutan selama operasi 22 hari Israel yang dimulai pada akhir Desember 2008.

Proyek ini akan mencakup pembangunan jalan, perumahan dan infrastruktur, serta pengembangan pertanian, kata para pejabat. Haniya memuji kunjungan tingkat atas itu sebagai “kemenangan” atas politik dan ekonomi pengepungan di pemerintahannya.

“Anda secara resmi mendeklarasikan akhir blokade politik dan ekonomi yang diberlakukan terhadap Jalur Gaza oleh pasukan ketidakadilan dan tirani,” katanya kepada emir.

Pernyataannya itu mengacu pada boikot politik pemerintahannya serta blokade ekonomi yang dikenakan oleh Israel, di tempat itu sejak 2006, yang mencegah Palestina membawa bahan bangunan ke wilayah itu.

“Hari ini kita menghancurkan dinding blokade melalui kunjungan ini, terima kasih Qatar,” katanya. (Ant/OL-2/MICOM)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (5 votes, average: 9,80 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Bersama ASPAC, UIN Syarif Hidayatullah Gelar Seminar 69 Tahun Pembagian Palestina