Home / Berita / Nasional / FPKS Pertahankan Pasal Halal RUU Pangan

FPKS Pertahankan Pasal Halal RUU Pangan

Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto. (ist)

dakwatuna.com – Jakarta. Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto menyatakan kehalalan merupakan wujud dari kedaulatan pangan. Untuk itu, pasal tentang halal dalam RUU Pangan tetap kita pertahankan. Sehingga masyarakat menjadi terlindungi dan nyaman dalam mengkonsumsi pangan. Apalagi pangan ini adalah menyangkut kebutuhan pokok sehari-hari yang berkesinambungan.

Lebih lanjut legislator FPKS ini menjelaskan saat ini pembahasan RUU Pangan dilakukan intensif. Bahkan, pembahasan sudah masuk pada pasal yang terkait sangsi. Sebagai gambaran, Panja RUU Pangan Komisi IV DPR RI dan Pemerintah telah menyelesaikan pembahasan sebagian besar bab-bab dalam RUU tentang Pangan. Secara Umum, isi dari RUU tentang Pangan yang telah disepakati sudah lebih aspiratif dan komprehensif dibandingkan dengan UU Nomor 7 tahun 1996 tentang Pangan. Cakupan pengaturan RUU Pangan sudah komprehensif, mencakup sistem penyelenggaraan pangan mulai dari aspek ketersediaan pangan, keterjangkauan pangan, konsumsi pangan dan gizi, dan keamanan pangan.

“Dalam hal mewujudkan Kedaulatan Pangan, Kemandirian Pangan, dan Ketahanan Pangan nasional, telah disebakati untuk dibentuk lembaga Pemerintah yang menangani bidang Pangan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Dalam RUU Pangan ini terdapat dua hal yang krusial yakni terkait kelembagaan dan kehalalan. Harapan kita, dengan adanya RUU Pangan ini dapat mewujudkan kedaulatan, ketahanan dan keamanan pangan”, jelas Hermanto

Revisi dilakukan dengan berbagai pertimbangan salah satunya adalah karena Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia paling utama, karena itu pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia yang dijamin di dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumberdaya manusia yang berkualitas. “Dengan demikian keberadaan RUU ini nantinya diharapkan menjadi payung hukum terkait pangan serta menjawab berbagai permasalahan pangan yang tengah kita hadapi saat dan masa mendatang”, pungkasnya. (ist)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • pks sampang

    izin coppas ya pak :)

Lihat Juga

Aksi 4 November Murni dari Masyarakat