Home / Berita / Daerah / Gubernur Jabar Pimpin Shalat Istisqa, Lalu Hujanpun Turun

Gubernur Jabar Pimpin Shalat Istisqa, Lalu Hujanpun Turun

Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ahmad Heryawan, memimpin pelaksanaan shalat istisqa bersama anak buahnya sebagai makmum di halaman Gedung Sate Bandung, Selasa (18/9) siang. (Facebook)

dakwatuna.com – Bandung. Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ahmad Heryawan, memimpin pelaksanaan shalat istisqa bersama anak buahnya sebagai makmum di halaman Gedung Sate Bandung, Selasa (18/9) siang.

Kegiatan yang berlangsung selepas Shalat Dzuhur tersebut dilakukan dalam rangka ikhtiar memutus kekeringan di wilayah tersebut. Terlebih, Oktober mendatang, Jabar mencanangkan masa tanam serentak.

Tanpa air, Heryawan menyatakan, pelaksanaan masa tanam itu terancam gagal. Dalam kaitan itu, pihaknya berharap komponen masyarakat bisa menggalakan shalat istisqa di lingkungannya.

Dia menyatakan bahwa selain upaya lahiriah termasuk dengan metode hujan buatan dan langkah penangan lainnya, ikhtiar lahiriah tak bisa dikesampingkan. “Masyarakat, pondok pesantren, majelis ulama, atau ormas islam bisa mengomando. Demikian pula bupati dan wali kota bisa mengomando. Sehingga tidak satu tempat, tapi di banyak tempat. Kita minta langsung kepadaAllah agar hujan diturunkan,” jelasnya.

Berdasarkan data yang dimilikinya, luas lahan yang mengalami kekeringan di wilayah Jabar mencapai 30 ribu hektare. Dua tahun sebelumnya, kekeringan tak terjadi.

Usai melaksanakan shalat istisqa dua rakaat, Heryawan kemudian naik mimbar memberikan khotbah. Bersama kepala dinas dan PNS di lingkungan Gedung Sate, dia kemudian memanjatkan doa terutama permintaan hujan diturunkan.

Selang 2 jam kemudian, hujan deras mengguyur sebagian wilayah Kota Bandung. Hujan cukup lebat turun sekitar 15.30 WIB membasahi wilayah Ujungberung dan sepanjang Jalan Soekarno Hatta (By Pass), sebagaimana yang dilaporka Inilah. Tidak hanya itu, awan hitam pun menggelayut di langit Kota Bandung. Sawah kering di sepanjang Jalan Soekarno Hatta juga mulai tergenangi air.

“Alhamdulillah hujan turun juga, tadi memang suasana cukup panas tapi setelah turunnya hujan ini akhirnya lega juga,” kata salah seorang warga Jatnika saat ditemui di Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung, Selasa kemarin [18/9/2012]. (Setiady Dwi/CN31/JBSM/inilah/SMCN)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (32 votes, average: 9,88 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • darman

    SALAH SATU PEMIMPIN YANG MENDAPAT RIDHO ALLAH SWT, SEHINGGA DOA NYA CEPAT DIKABULKAN OLEH YANG MAHA PEMBERI
    SUBAHANALLAH….ALLAH AKBAR

  • Mardiansyah

    Selain orang yg di dzalimi yg mudah dikabulkan oleh Alloh swt do’anya melainkan juga pemimpin adil yg do’anya mustajab.. subhanalloh

  • SubhanaAllah..semoga Allah memberikan umur panjang dan keberkahan pada Ust.Ahmad Heryawan, Indonesia butuh pemimpin seperti ini…

  • heri permana

    …ajaran islam yg sangat jarang dikerjakan oleh kebanyakan umat Islam Indonesia…. padahal nilai esensialnya cukup tinggi….. shalat istisqo merupakan kepasrahan total dan keyakinan maksimal seorang hamba kepada Allah SWT dan ke Maha Kuasaan-Nya….

  • heri permana

    …ajaran islam yg sangat jarang dikerjakan oleh kebanyakan umat Islam Indonesia…. padahal nilai esensialnya cukup tinggi….. shalat istisqo merupakan kepasrahan total dan keyakinan maksimal seorang hamba kepada Allah SWT dan ke Maha Kuasaan-Nya….

Lihat Juga

PON 2016, Jawa Barat (youthmanual.com)

PON Riau, Jabar dan Peristiwa Langka

Organization