Home / Berita / Internasional / Asia / Relawan “Syaddur Rihal” Asal Indonesia Dilepas Menuju Gaza

Relawan “Syaddur Rihal” Asal Indonesia Dilepas Menuju Gaza

Relawan Syaddur Rihal ilal Aqsha. (knrp)

dakwatuna.comSelasa (8/5) sore, sebanyak 15 orang relawan Indonesia untuk Palestina dilepas dari Bandara Soekarno Hatta menuju Jalur Gaza, Palestina yang masuk melalui Mesir. Mereka akan melalui rute perjalanan Jakarta-Abu Dhabi-Kairo-Gaza. Para relawan ini berangkat melalui program “Syaddur Rihal” atau perjalana suci menuju Al-Aqsa yang diawali dari Jalur Gaza.

Program ini sendiri digagas oleh “Aliansi Internasional untuk Penyelamatan Al Quds dan Palestina”, yang bekerjasama dengan Komite Eropa untuk Pembebasan Blokade Gaza. Agendanya akan dimulai dari tanggal 10 s/d 20 Mei 2012. Rencana selama 3 hari mereka akan berada di dalam Gaza, selebihnya akan mengikut event internasional untuk Palestina di Kairo, Mesir.

Tujuan dari Syaddur Rihal ini sendiri tidak lain adalah untuk melepas blokade Zionis terhadap Jalur Gaza disamping juga menyalurkan bantuan baik dalam bentuk medis atau pun makanan kepada rakyat Gaza.

Di Indonesia, kegiatan ini dimotori oleh Asia Pacific Community (ASPAC) for Palestine. Diantara relawan yang turut dalam event internasional ini adalah Soeripto (Ketua Umum KNRP), Suryama Majana Sastra (PKPU), Heri Efendi, Lc (ASPAC for Palestine), Ali Amril (KNRP), DR Muqoddam Cholil(KNRP), Bachtiar Nasir (ASPAC for Palestine, Spirit of Aqsa), Maryam Rachmayani (ADARA Relief International), Wirianingsih (SALIMAH, BMOIWI, ASA), Arafi Mughni, MA (KPLN), Eko Anugrah (KNRP Wil.NTB), Nurjanah Hulwani (FORSIMTA), Akhmad Sadeli Karim(PB Mathla’ul Anwar), dll.

Para relwan ini setibanya di Kairo, Mesir akan bergabung dengan lebih dari 300 tokoh NGO dan lembaga Kemanusiaan dari 20 negara. Kegiatan ini sendiri merupakan rangkaian dari program Global March to Jerusalem (GMJ) yang sukses dilaksanakan di perbatasan Palestina-Yordania pada akhir Maret kemarin bertepatan dengan hari bumi.

Soeripto selaku ketua KNRP menjelaskan beberapa agenda relawan Indonesia setibanya di Mesir, “Relawan dari Indonesia nantinya akan melakukan beberapa kegiatan, diantaranya bersilaturrahim dengan mahasiswa Indonesia di Mesir, audiensi dengan KBRI Mesir, napak tilas agresi militer Israel di Gaza, sharing pengalaman dalam mendukung perjuangan Palestina dan Al Aqsha, launching Program Wakaf Al-Quds di Gaza, launching Program Pembangunan Perumahan di kota Al-Quds, bersilaturrahim dengan para tokoh Revolusi Mesir dan penggiat Palestina di Mesir, workshop kerja Palestina bersama penggiat Palestina dari berbagai Negara, membacakan puisi – puisi Taufik Ismail tentang Palestina yang telah diterjemahkan dalam Bahasa Arab dihadapan para tokoh pejuang Palestina”. (msy/knrp)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (5 votes, average: 6,20 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

zakat

Peningkatan Zakat di Indonesia