Home / Narasi Islam / Resensi Buku / Cara Cerdas Hafal Al-Qur’an

Cara Cerdas Hafal Al-Qur’an

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

Judul: Cara Cerdas Menghafal Al-Qur’an
Penulis: DR Raghib As Sirjani dan DR Abdurrahman Abdul Khaliq
Penerbit: Aqwam  – Yogyakarta
Tebal Buku: 128 Halaman; 15 x 20,5 cm
Cetakan: XI, November 2010

Cover buku "Cara Cerdas Hafal Al-Qur'an".

Menjadi Pembawa Panji Islam

dakwatuna.com Al Qur’an adalah satu-satunya kitab langit yang terjaga keasliannya. Ia selalu dikotori oleh setan dan musuh-musuh Islam lainnya. Namun, upaya mereka semuanya sia-sia. Tak berbuah kecuali kebinasaan dan azab yang akan Allah timpakan. Allah dengan kemahakuasaannya telah menjaga FirmanNya dari awal diturunkan hingga akhir zaman kelak. Dalam surah Al Hijr ayat 9, Dia berfirman, “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.”

Dalam ayat ini, Allah menggunakan kata Nahnu yang berarti Kami. Ini bukan bermakna bahwa Allah itu banyak. Melainkan Dia adalah maha Esa dan dengan kuasanya, Dia memilih golongan Malaikat dan Manusia untuk turut serta dalam menjaga kemurnian Kalam Allah itu. Dari golongan manusia, kita mengenal seorang Hafiz Al Qur’an. Dalam kosakata Bahasa Arab, Hafiz berarti Penjaga. Maka Hafiz Al Qur’an adalah orang-orang yang menjaga Firman Allah dari tangan-tangan jahil.

Menjaga Firman Allah bisa dilakukan dengan cara menghafalkannya. Karena Al Qur’an merupakan kitab yang sangat mudah untuk dihafal secara detail dibanding dengan kitab atau buku selainnya.

Menghafal Al Qur’an mempunyai berbagai macam keutamaan. Di antaranya sebagaimana disampaikan oleh Fudhail bin ‘Iyadh Radhiyallahu ‘Anhu, “Penghafal Al Qur’an adalah pembawa Bendera Islam. Sangat tidak layak baginya larut dalam senda gurau sebagaimana orang-orang yang bersenda gurau, dan tidak layak baginya larut dalam kealpaan seperti orang yang alpa. Tidak layak juga baginya larut dalam kelalaian dan permainan bersama orang yang lalai.” (Hal 47)

Dalam riwayat lain disebutkan, “Barangsiapa yang membaca Al Qur’an dan mengamalkan isi kandungannya, niscaya Allah akan memakaikan mahkota kepada kedua orang tuanya kelak pada hari kiamat. Sinarnya lebih bagus dari sinar matahari yang menyusupi rumah-rumah di dunia. Sekiranya (matahari) itu di dalam rumah kalian, bagaimanakah menurut kalian terhadap orang yang mengamalkan (Al Qur’an)?” (HR Abu Dawud dari Muadz bin Anas) (Hal 60-61)

Besarnya keuntungan yang akan diberikan oleh Allah kepada orang-orang yang menghafal Al- Qur’an inilah yang memotivasi umat Islam untuk menjadi bagian dari mereka. Karena hidup yang hanya sekali ini hendaknya dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan akhirat.

Hal inilah yang diungkap secara detail oleh penulis Best Seller asal Mesir, DR Raghib As-Sirjani, dalam bukunya Cara Cerdas Menghafal Al Qur’an. Buku terbitan Aqwam – Solo – ini telah mengalami 11 kali cetak ulang sejak diterbitkan pertama tahun 2007.

Buku yang ditulis bersama DR Abdurrahman Abdul Khaliq ini menyuguhkan kepada pembaca 10 kiat praktis yang bisa ditempuh agar bisa menghafal Al Qur’an secara utuh, 30 Juz. Kesepuluh kiat tersebut adalah : Ikhlas, Tekad yang kuat dan bulat, Memahami besarnya keuntungan menghafal, Mengamalkan apa yang dihafal, Membentengi diri dari dosa, Berdoa, Memahami makna ayat dengan benar, Menguasai ilmu tajwid, Mengulang hafalan dan Melakukan shalat dengan bacaan yang sedang dihafal. (Hal 55-84)

Buku ini juga dilengkapi dengan 10 kiat pendukung yang akan memudahkan dalam menghafal Al Qur’an (Hal 85-116) dan 5 kiat emas dalam menghafal Al Qur’an. (Hal 117-127)

Akhirnya, buku ini sangat layak untuk dijadikan referensi di tengah maraknya buku-buku sejenis lantaran sajian yang renyah, mengalir dan sangat sistematis. Dan, buku ini nyaris tidak memberi banyak manfaat manakala kita tidak mempraktekkan anjuran-anjuran di dalamnya. Karena ilmu tanpa amal adalah kosong.

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (25 votes, average: 8,96 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Pirman
Penulis, Pedagang dan Pembelajar

Lihat Juga

Ilustrasi. (mamhtroso.com)

Al-Fatihah, Kunci Pembuka