Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / Menyibak Tabir Rahasia Basmalah

Menyibak Tabir Rahasia Basmalah

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (25 votes, average: 8,68 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Dr. Muhammad Widus Sempo, MA.
Pensyarah antar-bangsa (Dosen) Fakulti Pengajian Alqur'an dan Sunnah, universiti Sains Islam Malaysia (USIM).Degree, Master, Phd: Universiti Al-Azhar, Cairo. Egypt
  • Rahmad Bayu

    ijin share ya akhi :)

  • Mohon penjelasan….Karena sering saya dengar , darimana kata ” Basmalah ” dan ” Hamdalah ”  berasal sehingga seringkali dalam suatu acara selalu ” marilah kita buka acara ini dengan sama sama membaca Basmalah……dan kemudian kita tutup acara ini dengan sama sama membaca hamdalah…dmkn tks.

    • widoes

      Ucapan Basmalah ringkasan terhadap بسم الله الرحمن الرحيم. Singkatan seperti ini sering kita jumpai di buku-buku para ulama, seperti: Hamdalah untuk الحمد لله, dan hawqalah untuk لا حول ولا قوة إلا بالله. Hematnya, ringkasan-ringkasan seperti ini datang dari para Ulama karena saya sendiri tidak menemukan satu periwayatan pun yang mengembalikan ringkasan ini ke Rasulullah Saw. di lain sisi, بسم الله الرحمن الرحيم sendiri ringkasan terhadap pelbagai disiplin ilmu pengetahuan. di sana ada isyarat-isyarat aqidah, bahasa, fikih, tafsir, dan ilmu-ilmu lain. Olehnya itu, di buku-buku ulama sering kali kita jumpai penafsiran basmalah; kata perkata, bahkan perhuruf, seperti makna yang dikoleksi huruf Ba (ب) di بسم itu sendiri. seperti yang dijelaskan di atas bahwa ia menyiratkan makna kepapaan terhadap Allah dalam meminta pertolongan dan ridha’nya di setiap pekerjaan. jadi, huruf Ba ini punya makna الاستعانة, meminta pertolongan. Ada juga dari mereka yang memaknainya dengan makna المصاحبة, artinya kebersamaan.Tafsirnya, orang yang menyebut basmalah senantiasa meminta kebersamaan Allah di setiap pekerjaan, sejak ia ditekuni hingga rampung. bahkan berkah basmalah itu pun dengan rahasia huruf Ba ini senantiasa menyertai manusia di setiap kesempatan.
      Di sini saya mengucapkan terimakasih banyak atas pertanyaam Bapak. pertanyaan ini memperkaya khazanah Basmalah. Insyallah, pertanyaan dan jawaban tersebut akan saya cantumkan di artikel saya ini. Salam.

Lihat Juga

Ilustrasi (Inet)

Belajarlah Dari Makhluk Allah Lainnya