Home / Berita / Opini / Pekerjaan dan Impian

Pekerjaan dan Impian

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi (inet)

dakwatuna.com – Hari ini adalah era dimana sarjana pengangguran tumbuh subur di Indonesia. Bak jamur setiap angkatan kelulusan menyisakan entitas yang terkatung-katung tak mendapat pekerjaan.

Tak heran banyak muncul praktek KKN di banyak instansi negeri maupun swasta untuk memasukkan koleganya sebagai pegawai di tempat tersebut. Kecurangan membuat persaingan tak sehat di dunia kerja, namun hal itu agaknya sudah menjadi lumrah.

Fenomena lain, banyak mindset angkatan baru (baca: lulusan baru) “asal kerja, apa saja boleh”. Alhasil mereka bekerja tak sesuai jurusan yang diambil sewaktu kuliah. Coba kita tengok di bank, tak jarang lulusan fakultas pertanian bekerja di sana atau kita lihat di lembaga-lembaga politik, ada saja lulusan fakultas MIPA bertebaran di sana. Namun pertanyaannya apakah mereka semua (baca: yang bekerja tak sesuai jurusan) bermindset demikian.

Tidak semua, justru ada sebagian dari mereka memilih dengan sengaja bekerja di tempat tersebut. Apa sebabnya? Tak lain karena mimpi hidup yang mereka punya.

Sebelum memilih jurusan semasa kuliah, kita harus sudah mengetahui minat dan bakat yang bersemayam dalam diri pribadi. Apa daya hal tersebut tidak dapat terjadi pada semua siswa SMA. Sehingga masa-masa kuliah menjadi ajang pencarian jati diri dan perumusan mimpi hidup yang “sesungguhnya”

Ketika mereka lulus, yang dikejar adalah bagaimana cara meraih mimpi. Entah mimpi untuk melanjutkan S2 atau menjadi “sesuatu” yang tak sesuai jurusan semasa kuliah, seperti di atas mungkin lulusan MIPA tersebut bercita-cita menjadi politisi.

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (6 votes, average: 8,83 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Wakil Ketua KAMMI Daerah Bogor
  • fiersta

    ijin share akh..

Lihat Juga

Ilustrasi. (sepedamigunani.tumblr.com)

The Amazing of Amang Cilok, Lebih Dari Sekadar “Cilok”

Organization