Topic
Home / Berita / Nasional / Salam UI: Dari Jakarta Hingga Jalur Gaza

Salam UI: Dari Jakarta Hingga Jalur Gaza

5th International Symposium Dari Jakarta Hingga Jalur Gaza (knrp)

dakwatuna.com – Sabtu, 8 Januari 2011, untuk kelima kalinya Lembaga Dakwah Kampus Nuansa Islam Mahasiswa Universitas Indonesia, yang lebih dikenal dengan LDK SALAM UI, mengadakan Simposium Internasional “Dari Jakarta Hingga Jalur Gaza”. Pada tahun kelima ini, tema yang diusung adalah “Kesatuan Gerak Langkah Pemuda untuk Pembebasan Palestina”.

Acara yang diselenggarakan satu kali setiap tahun ini bekerja sama dengan keluarga lembaga dakwah se-UI, yang terdiri dari lembaga dakwah fakultas dan asrama, Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus Nasional (FSLDKN), dan KNRP (Komite Nasional untuk Rakyat Palestina). Oleh karena itulah, Simposium Internasional ini dihadiri oleh ratusan pemuda dari berbagai penjuru Indonesia. Tahun ini, acara ini juga mendapatkan dukungan dari WAMY Indonesia (World Assembly of Muslim Youth cabang Indonesia) dan Kesatuan Pelajar Muslim Depok (KPMD).

Acara yang lebih akrab disebut Si5 ini akan berlangsung dua hari, yaitu Sabtu 8 Januari 2011dan Ahad 9 Januari 2011. Si5 hari pertama ini diadakan pukul 08.00-16.30 WIB di Auditorium FE UI, dan diisi dengan mata acara berikut:

1. Seminar “Pencerdasan Pandangan Pemuda Terhadap Masalah Palestina”, dengan pembicara Hadi Rahmat P.,S.H.,LL.M. (dosen hukum internasional di FH UI) dan Sylviani Abdul Hamid (relawan Viva Palestina)

2. Launching Buku Palestina dari SALAM UI. Buku yang disusun oleh Departemen SALAM Palestine Center (SPACE) ini berisi esai-esai dari para pemuda tentang Palestina

3. Talk show “Peran dan Aksi Nyata Pemuda: Antara Indonesia, Palestina, dan Timur Tengah”, dengan pembicara Dr. Moin Z.R.Al Shurafa (mahasiswa asal Palestina), Dr.Muqoddam Choli (dari BSMI) dan Putra Sulung Baginda (pemerhati Palestina di bidang kepemudaan)

4.Launching beasiswa untuk mahasiswa Palestina, bekerja sama dengan KNRP dan BSMI (Bulan Sabit Merah Indonesia)

5. Hiburan nasyid dari Brigif & Gradasi

6. Bazaar & Galeri Palestina. Galeri Palestina diadakan dengan kerja sama dari KNRP

Pada malam harinya, akan diadakan Konferensi Pemuda yang diikuti oleh perwakilan LDK se-Indonesia, dengan tema “Kesatuan Gerak Langkah Pemuda untuk Pembebasan Palestina”. Sedangkan SI5 hari kedua akan diadakan di Wisma Makara UI, dengan agenda konferensi pemuda dengan penyaji makalah dari Indonesia, Albania, dan Palestina, juga bedah buku “The Israel Lobby & US Foregin Policy” (karya John Mearsheimer) oleh Zainuddin Djafar (dosen HI FISIP UI). Pada hari kedua ini juga akan diadakan press conference tentang hasil konferensi pemuda yang diadakan pada tanggal 8 Januari 2011. (mln/pan/knrp)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (9 votes, average: 8.44 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Opick: Jangan Berhenti Bantu Rakyat Palestina!

Figure
Organization