Home / Berita / Internasional / Eropa / Pemberontak RMS Tuntut Penahanan Presiden SBY di Belanda

Pemberontak RMS Tuntut Penahanan Presiden SBY di Belanda

Ilustrasi - Aktivis pemberontak RMS sedang mengibarkan benderanya di Belanda. (multiply)

dakwatuna.com – Amsterdam. Sidang kilat Pengadilan Negeri Den Haag atas permintaan pemberontak Republik Maluku Selatan (RMS) di pengasingan akan berlangsung, Selasa siang waktu Belanda (5/10).

Tuntutan pemberontak RMS ini ditujukan kepada pemerintah Belanda agar menahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ini jika Presiden SBY mengadakan kunjungan kenegaraan hari Rabu sampai Jumat. RMS menuduh Presiden SBY melanggar hak-hak asasi manusia di Maluku.

Kemungkinan permintaan ini akan dikabulkan Pengadilan Den Haag sangat kecil. Mahkamah Internasional yang juga berdudukan di Den Haag mengeluarkan vonis, pemerintah salah satu negara tidak bisa menahan kepala negara lain. Namun Mahkamah Internasional, misalnya Mahkamah Yugoslavia, berhak menahan kepala negara asing.

Kamis siang waktu Belanda (7/10), RMS akan menyelenggarakan aksi protes pelanggaran HAM di Maluku. Ada sebanyak 93 pengikut RMS ditahan pemerintah Indonesia. Hal ini disampaikan John Wattilete, Presiden RMS, yang mengutip laporan LSM hak-hak asasi manusia Amnesty International dan Human Rights Watch. (Endro Yuwanto/radio nederland/RoL/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (6 votes, average: 8,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Lfree

    Keputusan SBY untuk tidak ke Belanda sudah tepat.

  • encu

    RMS layak disebut TERORIS…..

  • lucu yah orang RMS, bisa-bisanya bilang begitu. berasa tanah di Indonesia milik keluarga sendiri

  • narada

    RMS JANGAN DI DENGAR,ORANG -ORANG NYA KAN BONEKA BELANDA,ERAPO LAGI KENA VIRUS AGRESOR DALAM NEGRINYA SUDAH BUNTU SDANYA IA MAU CARI MAKAN DENGAN ADU DOMBA DAN LAGI SEOLAH OLAH HUKUMNYA PALING HEBAT.

  • wah wahh.. tahu apa mereka di Maluku wong selama hidupnya menetap di Nederland, dan meraka telah menjadi WNA dari jaman belanda ngibrit dari Nusantara

Lihat Juga

Presiden DPP PKS, M Sohibul Iman (kanan), Wasekjen DPP PKS, Abdul Hakim (tengah), Wakabid Humas DPP PKS, Hartono Iggi Putro (kiri) saat kongkow dengan wartawan di aula DPP PKS, Jakarta Selatan, Selasa (19/4/2016). (IST)

Presiden PKS Kongkow Bareng Wartawan di Markaz Dakwah