Home / Berita / Internasional / Asia / DD Kirim Tim Relawan Bencana ke Pakistan

DD Kirim Tim Relawan Bencana ke Pakistan

Korban banjir Pakistan dievakuasi dengan motor boat setelah rumah mereka secara total terendam banjir di Sajawal, Provinsi Sindh, Pakistan Selatan, Ahad (29/8/2010) (AP Photo)

dakwatuna.comBencana banjir yang terjadi di Pakistan yang hingga saat ini telah menelan 1.500 korban jiwa dan menghancurkan lebih dari 30.000 rumah bencana ini membangkitkan empati banyak organisasi di dunia untuk turut membantu meringankan beban korban banjir yang terburuk di Pakistas barat laut tersebut.

Dompet Dhuafa akan memberangkatkan 2 orang relawan kemanusiaan yang terdiri dari seorang tenaga kebencanaan dan seorang dokter yang tergabung dalam tim yang disebut Tim Komando Rescue DMC Dompet Dhuafa. Agendanya, Tim ini akan melakukan aksi respons logistik dan medis.

“Tim ini akan membentuk posko dan merekrut tenaga lokal dari kalangan mahasiswa Indonesia yang belajar di sana dan masyarakat Pakistan,” ungkap Bambang Suherman, GM Program Sosial Dompet Dhuafa di Jakarta, Minggu (29/8).

Menurut Bambang, sebelum pengiriman tim kemanusiaan ini, Dompet Dhuafa sudah berkoordinasi dengan KBRI di Pakistan untuk memantau lokasi dan mendukung kebutuhan teknis tim setelah sampai di Pakistan.

Di Pakistan, Tim Komando Rescue DMC Dompet Dhuafa akan berkoordinasi dengan Humanitarian Forum Indonesia.

“Dana yang kami bawa tidak banyak, untuk tahap awal US$ 20 ribu,” tambah Bambang.

Tim Komando Rescue DMC Dompet Dhuafa bersama PKPU, BAZNAZ, ACT, MER-C serta Dewan Dakwah Indonesia tergabung kedalam “Indonesia Cares For Pakistan” yang merupakan tim ketiga yang berangkat atas nama Indonesia.

Dompet Dhuafa juga tengah menyiapkan tim untuk merespons bencana di Cina. “Insya Allah dalam waktu dekat tim ke Cina juga akan kami berangkatkan,” jelas Bambang.

Tim Komando Rescue DMC Dompet Dhuafa ini akan berangkat dari Jakarta menuju Pakistan pada hari Senin, 30 Agustus 2010 pukul 12.35 WIB. (ant)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Wilayah mayoritas muslim Kashmir yang terus bergolak (islammemo.cc)

Pakistan Peringatkan Kemungkinan Meletusnya Perang Nuklir dengan India