Home / Berita / MUI Fatwakan Arah Kiblat ke Barat Laut

MUI Fatwakan Arah Kiblat ke Barat Laut

dakwatuna.com – Jakarta. Majelis Ulama Indonesia atau MUI mengeluarkan fatwa mengenai arah kiblat. Ini dilakukan sebagai salah satu syarat sah salat bagi umat Islam. Atas fatwa tersebut, MUI mengimbau semua pihak mengikuti posisi tersebut.

“MUI mengimbau kepada pengurus masjid atau musala, bagi yang kiblatnya tidak tepat perlu ditata ulang saf-nya namun tidak perlu membongkar bangunannya,” kata Wakil Sekretaris Komisi Fatwa MUI Pusat, AM Asrorun Niam.

Ini diungkapkan Asrorus kepada wartawan di Gedung MUI, Jalan Tugu Proklamasi, Jakarta, Selasa (14/7/2010).

Dia menjelaskan, alasan penetapan posisi arah kiblat ini agar salat umat Islam tidak jauh dari kabah. “Karena posisi Indonesia ada di sebelah timur sedikit ke selatan, maka arah kiblat menghadap barat laut,” tegasnya.

Posisi ini, lanjutnya, dipastikan akan berbeda disesuaikan dengan posisi dari orang tersebut tinggal. “Contohnya, arah kiblat di orang di Cirebon akan sedikit berbeda kemiringannya dengan orang yang berada di Kalimantan,” paparnya.

Dia juga memastikan, gempa dan tsunami yang terjadi di Indonesia tidak mengubah posisi fatwa tersebut.

“Sebelumnya memang ada isu akibat gempa dan tsunami ada pergerseran lempengan bumi sehingga kiblat bergeser, tetapi berdasarkan penelitian ahli geologi itu tidak benar,” tegasnya.(kem/okezone)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (9 votes, average: 9,67 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Thieea

    Assalamu’alaikum
    Baru saja kemarin sy menemukan website islam yang menyediakan aplikasi yg bs menentukan arah kiblat bahkan disertai map shg sy bs melihat sendiri menghadap ke arah mana mushola dekat rumah saya (memang gambarnya tidak begitu jelas)..ya memang setelah saya coba misalnya dari tempat saya Gresik itu arah kiblatnya 24 derajat dari barat dan saya jg mencoba Jakarta arah kiblatnya 25 derajat dari barat, selisih satu derajat saja. Entah sudah termasuk barat laut apa belum.

    • Nur Tasnim

      Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh,

      Ukhti tolong dikirim dong website apa yang anti temukan kirim ke email saya ini yan Syukron Jazakumullohi.

    • Nur Tasnim

      Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh,

      Ukhti Thieea tolong dong sebutkan website tentang arah kiblat yang anti temukan diberikan kepada saya melalui email saya in syukron Jazakumullohi

    • surur

      tlg kirimkan nama website nya dong u memastikan arah kiblat musollaku.trims

  • moh_buang

    Thieea…
    alamat website yang kamu maksud bisa dituliskan? thank

  • Nento Luki

    Assalamu’alaikum
    BARAT BARAT LAUT

    Kiblat Ke Barat berarti 270 derajat dari Utara Sejati (Bukan Utara Kompas), menghadap ke Tanzania, 3100 Km sebelah kiri Mekkah. Ke Barat Laut artinya 315 Derajat, Jatuhnya di Istambul Turki, 2100 km sebelah kanan Masjid Al Haram. Yang paling dekat Barat Barat Laut, 292,5 derajat. Karena Kiblat dari Indonesia antara 291,1 (Kepulauan Sangir, Sulut) dan 291,6 (Ujung Genteng Jabar) Melenceng sedikit masih wilayah Arab, Belum sampai Tel Aviv yang 304 derajat…

  • M iqbal

    info kiblat tempat kita ada di http://www.qiblalocator.com, kita tinggal ketik lokasi kita, akan muncul derajat kemiringannya. biasanya antara 290-300 derajat. tinggal kurangi aja dengan 270 maka itulah kiblat kita dihitung dari arah barat.

  • Rahmat Surur

    SIAPA PUN YANG BERKOMENTAR, MESTINYA DIDUKUNG DENGAN DATA YANG AKURAT, BIAR TAK BERDAMPAK SALAH PERSEFSI ATAU SALAH PENAFSIRAN ATAU SALAH MEMAKNAI DARI KOMENTAR ITU SENDIRI.

  • fadian

    Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh,

    kami mohon kepada Majelis Ulama indonesia memberikan gambar arah kiblat agar kami kalimantan selatan kota banjarmasin bisa menyesuaikan arah kiblat.

    wasalamualikum warahmatulah. iwabarokatuh

Lihat Juga

Ledakan Bom Molotov Terjadi di Depan Gereja Oikumene, Samarinda. Minggu (13/11/2016). (tribunnews.com)

MUI Mengutuk Keras Pelaku Peledakan Bom Molotov di Depan Gereja Samarinda

Organization