Home / Berita / Mesir Tolak Buka Perbatasan Rafah

Mesir Tolak Buka Perbatasan Rafah

dakwatuna.com- Jakarta – Salah satu misi kunjungan Hidayat Nur Wahid bersafari ke Timur Tengah adalah melobi pemerintah Mesir untuk membuka pintu Rafah. Namun misi itu gagal, bahkan Presiden Mesir Husni Mubarak menolak memenuhi undangan pertemuan dengan Ketua MPR-RI dan 13 pemimpin negara Arab.

“Kami berusaha menemui Presiden Mesir, namun beliau tidak bersedia ditemui dengan alasan waktunya tidak tepat,” kata Hidayat di Kantor DPD, Senayan, Jakarta, Jumat (9/1/2009).

Namun demikian beliau berhasil mengadakan pertemuan langsung dengan 13 pimpinan negara-negara Timur Tengah. Hasil pertemuan adalah kesepakatan melanjutkan lobi dan tekanan pada pemerintah Mesir agar bersedia membuka pintu perbatasannya dengan Palestina di Rafah bagi para sukarelawan kemanusiaan.

Perbatasan Rafah merupakan satu-satunya jalur menuju Palestina yang tidak dijaga oleh militer Israel. Oleh karenanya jalur ini menjadi harapan para sukarelawan dari segala penjuru dunia untuk bisa menyampaikan bantuan mereka pada rakyat Palestina.

Sayangnya pihak Mesir berkeras tidak bersedia membuka gerbang Rafah kecuali ada persetujuan dari pihak Israel. Tanpa ada jaminan keselamatan dari Israel, maka gerbang Rafah tetap tertutup baik bagi warga Palestina yang berusaha keluar dari blokade atau masuknya bantuan kemanusiaan dari berbagai penjuru dunia ke Jalur Gaza.

Sementara itu puluhan aktivis Persaudaraan Muslimah Indonesia (SALIMAH) menggelar unjuk rasa di kedutaan besar pemerintah Mesir.

Wiryaningsih, ketua umum Persaudaraan Muslimah Indonesia, mengatakan Mesir tidak kunjung membuka perbatasannya di Rafah bagi para sukarelawan untuk memasuki Palestina. Alasannya daerah perbatasan yang dijaga tentara Mesir dan PBB tersebut juga tidak luput dari serangan udara Israel.usai diterima perwakilan Kedutaan Besar Mesir di kantor Kedutaan Besar Mesir, di Jl Teuku Umar, Jakarta, Jumat (9/1/2009).

“Pintu itu ditutup karena sering terjadi serangan udara di perbatasan. Tapi mereka bilang 6 bulan terakhir sudah mengirim bantuan lewat perbatasan itu,” ujar dia mengutip jawaban yang dia terima.

Menurutnya, prioritas utama pada sukarelawan ini adalah menyelamatkan ratusan anak-anak dan perempuan korban serangan militer Israel. Sejumlah spanduk menuntut penyelamatan anak-anak Palestina dibawa dalam unjuk rasa yang berlangsung tertib ini.

Ketika dunia, tanpa kecuali mengutuk serangan biadab Zionis Israel, bahkan negara sosialis, Venuzuela mengusir dubes Israil berikut pegawainya, mengapa Mesir masih tutup telinga dan tidak mau membuka pintu Rafah? Setiap umat yang masih mempunyai hati nurani hendaknya tergerakkan untuk membantu korban perang, anak-anak yang tidak berdosa, wanita yang tidak berdaya. Segera buka pintu perbatasan Rafah wahai penguasa Mesir! (detik/ut)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (6 votes, average: 9,83 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Yahya`

    kenapa masih ada saudar sesama muslim yang tega melihat tanah suci palestina di hina oleh yahudi laknatullah…
    kenapa masih ada ego pribadi, di saat saudara-saudara se-iman di bantai, anak-anak menjadi yatim, ibu-ibu menjadi janda..ya husni mubarok…
    tidakkah engkau memikirkan apa yang akan Allah SWT berikan kepada mu di akherat nanti

  • rIcKy

    Wahai Mubarak bertobatlah….

  • yasser yusran

    kenapa?? karena mereka tidak taat terhadap perintah Allah dan Rasul-Nya terkait perintah ttg solidaritas ukhuwah sesama muslim yang tidak mengenal jarak dan waktu…

    walaupun di negeri seberang, jika itu adalah bui umat muslim, kita juga harus turut perjuangkan…

  • h2

    wahhhh……….

    kurang ajar, berarti kite dibohongin dong sama kedubes mesir waktu aksi JPRMI, katanya pintu perbatasan sudah dibuka 5 hari yang lalu- waktu itu aksinya akhir desember…emang kudu ada yang gerbrak tuh si husni mubarok!!!siapanya yahudi sih dia!!!

  • irsyad

    "barang siapa memberi perlengkapan bagi seseorang yang berperang di jalan ALLAH,maka dia terhitung ikut berperang dan barang siapa ikut memenuhi kebutuhan keluarga(menyantuni)orang yang berperang maka ia terhitung ikut berperang di jalan ALLAH SWT (H.R Bukhari)"

    wahai mesir,punyakah kalian 1 titik keberanian untuk jihad fisabillah,,, apakah negri sebesar kalian takut dgn yahudi, bangsa terlaknat????

    apakah kalian tdk punya hati nurani?sampai sampai takut membuka pintu perbatasan ??

    rosullulloh SAW bersabda "surga itu di bawah bayang-bayang pedang"

  • S Asriadi

    Setiap Muslim adalah bersaudara, maka jika ada Muslim yang tersakiti Muslim yang lainpun ikut merasakanya, untuk penguasa mesir: Kenapa untuk menolong sesama harus menunggu persetujuan Israel? Apakah anda takut dengan Israel dan apakah anda tidak takut dengan Allah yang memberimu hidup?

    Yaa Allah bukakanlah pintu hati Husni Mubarak…..

  • ammar sholahuddin

    assalamu'alaikum
    sungguh disesalkan, kita hanya bisa berdo'a semoga Allah memberikan ampunan kepada pemimpin disana dan memberikan hidayah-Nya….

  • wikan

    Ternyata hukum israel lebih ditaati dari pada hukum Allah wahai kaum muslimin di wilayah timur tengah ingatlah Tiada Tuhan Selain Allah dan Muhammad Utusan Allah

  • inne

    Husni Mubarak lebih takut sama Yahudi dibanding siksa neraka Allah yang kekal.

  • andika

    wahai amirulmukminin umat islam di mesir, mana rasa tanggung jawabmu sebagai orang yang diberikan amanat oleh Allah SWT. malukah engkau sebagai peradapan awaliun syiar ISLAM. Lihat saudara kita disana juga keadaan kiblat pertama umat islam.

  • semoga Allah membuka mata hati para pemimpin arab yang telah membiarkan anak-anak Palestina, tunas harapan penegak syiar agama Allah, dibunuh secara keji,……… sesungguhnya para pemimpin akan diminta pertanggungjawabannya di yaumil hisab

  • Abu Nabil

    Husni Mubarrak, Zionis Laknatullah

  • Ya allah bukakanlah HATI HUSNI MUBARAK.karna disana banyak saudara2 kami yg sedan membutuhkan pertolongan.Wahai husni engkau jangan seperti setan israel yang sudah di kutuk dalam kitab suci AL_QURAN DAN SUNAH.

  • dhenok

    Saya heran dgn negara2 arab(timur tengah) t4 para syeikh2,t4 kiblatnya ilmu agama islam dgn mayoritas penduduknya umat muslim & saya anggap mereka paham mslh ilmu agama apalagi mereka itu negara yg kaya raya tp knpa mereka hanya berpangku tangan melihat kebiadaban zionis israel pd saudaranya sndri sesama umat muslim.Pdhl mereka bs melakukan byk hal dgn kekayaan minyaknya penduduknya utk membantu kaum muslim yg tertindas.Dmn hati nurani & keilmuan mereka,dmn semangat jihad itu,dmn ajaran rasulullah itu skg….

  • Ismi

    Sesungguhnya umat islam itu bagaikan satu tubuh, jika salah satu anggota tubuh terluka maka anggota tubuh yang lain pun akan ikut merasakan lukanya.

    Tapi hal ini mungkin tidak dirasakan oleh Mesir, karena negara ini bungkam seribu bahasa ketika seluruh umat islam didunia berteriak mengutuk serangan Israel bahkan desakan untuk membuka akses masuk bagi relawan pun mereka tolak. Alasan Mesirtidak membuka perbatasan Rafah krn takut akan serangan udara dari Israel, bukankah ini sebagai pertanda bahwa Mesir tidak bisa menjaga Kedaulatan negara nya?? Wahai Bangsa Arab, BERSATULAH…..karena jika kalian mau untuk bersatu membantu saudara-saudara kalian sungguh Zionis Israel pun akan Hengkang dari Bumi Palestina

  • Abu Yandri

    Itulah manusia egois mementingkan diri sendiri. Terkutuk.

    Sementara saudara kita seiman telah hampir 1000 orang yang syuhada ditangan zionis biadab.

    Ya Allah menangkanlah Saudara kami di Palestina, berikan mereka kemudahan dalam segala hal. Amien.

  • prabu

    Ummat islam bersatulah!,israel dan kaum kufar pasti kan gentar,bila negeri-negri islam bersatu bernaung dibawah berdera kilafah!… rakyat palestina, lanjutkan perjuanganmu!Allah swt pastikan menolongmu!,kami pasti kan mendukungmu! Allah huakbar!

    Amin

  • dena

    Apabila seluruh umat islam didunia ini bersatu, Insaallah islam pastimenang, karena kita hidup didunia ini hanya sekali, mending berjuang untuk agama. walau dalam alquran telah tertulis bahwa perperangan antara islam dan yahudi itu tdk akan berhenti sampai kiamat tiba/isa almasih turun.

  • tears

    Mesir kayax terlalu pengecut…Cuman buka perbatasan agar rakyat sipil palestine tidak jadi korban aja ga mau. PAYAH BANGET…!!!
    Tapi omong2….berani ga ya kalau pemerintah RI juga memutuskan hubungan diplomatik dengan MESIR karena sikap buruk mereka itu…???
    Perasaan ga akan deh, terhadap AS aja Indonesia masih bergelayut manja. Padahal jelas2 AS terlibat dalam kejahatan terhadap Palestine.
    Apa sekarang kita juga sudah menjadi bangsa yang munafik….???

  • mungkin mesir juga takut dengan ancaman israel .. karnah perbatasan pintu rafah adalah jalan satu2 nya menuju israel yg tak di jaga.. tapi kalo hanya itu bangsa lain pun akan semakin mengutuk israel.. jadi kenapa mesir harus takut jika semua bangsa mengutuk israel dan AS…

  • salma

    apakah ini pertanda bahwa PENYAKIT CINTA DUNIA DAN TAKUT MATI TELAH MENIMPA MESIRHUSNI MUBARAK ???!!Na'udzubillah!

  • Muhmmad ali musthofa

    Begitulah akibat dari runtuhnya Khilafah islamiyah, Segala Kepentingan Nasionalisme telah membunuh solidaritas dan kepentingan saudara seiman,Kekuasaan manusia lebih di takuti dari pada kekuasaan Allah Azawajalla,Kini saat nya kita semua sadar bahwa kekuasaan manusia atas manusia harus di luluhantakkan kita gantikan dengan kekuasaan Allah yang tiada batas..Insyaallah Kemakmuran akan tercurah dari langit …..Maju Terus allah selalu bersamamu..

  • Rika Fista

    tenang, pada akhirnya Yahudi Israel akan kalah. Bukankah Allah sudah menjanjikan? Bahwa Islam yang membunuh Yahudi yang menentang Islam itu halal! Bahkan mendapatkan pahala, sedangkan yang mati dalam medan perang melawan Yahudi akan diberikan surga. Pada akhirnya Islam akan menang, semua Yahudi dimanapun berada pasti akan terbunuh, pohon, batu-batu pun akan bersaksi dan berbicara tentang keberadaan Yahudi. Para Yahudi akan menerima azab dan siksa sesuai Al-Qur’an dan Firman-Nya.

Lihat Juga

Supporter Indonesia membuat Aksi Atraktif dengan membentuk Koreo Bendera Palestina saat Laga Timnas dengan Malaysia, Selasa (

(Video) Penampakan Koreografi Bendera Palestina dan Indonesia di Laga Indonesia vs Malaysia