Home / Berita / Swedia Berlomba Masuk Islam

Swedia Berlomba Masuk Islam

Muslim Swedia
Muslim Swedia

dakwatuna.com “Dalam ujian carilah peluang” itulah ungkapan yang sering didegungkan banyak orang di waktu menghadapi ujian, cobaan dan krisis. Terutama terkait dengan agama kita, Islam dan terkait dengan gerakan fanatisme kelompok, gerakan penistaan terhadap kemuliaan Rasulullah saw. dan upaya untuk menghalang-halangi cahaya Islam di Eropa.

Itulah yang terjadi di Swedia, ketika tersebarnya gambar-gambar yang menghina Rasulullah saw. justeru pada waktu yang bersamaann beribu-ribu penduduk Swedia masuk agama Allah.

Kondisi demikian teruangkap ketika delegasi Pemuda Swedia menghadiri Muktamar Wartawan di Lembaga Pendidikan Swedia di daerah Iskandariah, Mesir pada hari Sabtu, 16/11/08.

Mereka mengemukakan data, 15 000 penduduk asli swedia masuk Islam, dan umur mereka antara 20 sampai 40 tahun, setelah kejadian pelecehan terhadap Rasulullah saw. subhanallah!

Delegasi yanng terdiri dari 12 orang -muslim dan muslimah- itu sedang menggarap 4 proyek dakwah untuk melayani kepentingan umat muslim di Swedia.

Proyek pertama, pendidikan pemuda muslim, bagaimana mereka berinteraksi dengan masyarakat Swedia.

Proyek kedua, pendidikan Bahasa Arab bagi para imam, karena generasi baru muslim Swedia tidak bisa berbahasa Arab.

Proyek ketiga, peduli terhadap problematika lingkungann dan pelestariannya.

Proyek keempat, dialog antar agama.

Proyek-proyek ini bertujuan untuk merubah cara pandang masyarakat Swedia terhadap Islam, di mana mereka sebelumnya mengira Islam sebagai sumber masalah, merubahnya menjadi pengakuan bahwa Islam bagian dari agama-agama yang ada di tengah-tengah mereka. Penilian keliru masyarakat Swedia lantaran pemahaman mereka yang tidak benar tentang Islam.

Islam terhitung menjadi agama kedua di Swedia. Populasi muslim lebih dari setengah juta jiwa dari total jumlah penduduk Swedia delapan setengah juta jiwa.

Islam terbilang baru berkembang di Swedia, namun jumlah orang yang memeluk agama Islam terus bertambah banyak, terutama karena komunitas muslim di sana tidak mendapatkan kendala dalam menjalankan syiar dan simbol-simbol peribadatan Islam. Juga berdirinya masjid-masjid di seluruh penjuru kota di bawah undang-undang resmi yang diakui oleh parlemen Swedia, yaitu undang-undang kebebasan bergama, hak-hak pemeluk agama dalam menjalankan keyakinannya tanpa harus ada kekhawatiran sedikitpun meskipun bagi kelompok minoritas.

Di Ibu Kota Swedia ada 45 lembaga-lembaga Islam dan Islamic Centre, dan kota-kota besar terhitung ada 15 lembaga-lembaga Islam dan Islamic Centre. Begitu juga paling tidak ada 4 masjid raya di setiap kota besar.

Di Swedia digalakkan terjemah kandungan Al Qur’an, pembangunan masjid-masjid baru. Islam tersebar lebih banyak di kalangan perempuan, terutama lingkungan kampus dan akademisi. Penyebabnya adalah adanya ambivalensi di kalangan perempuan Eropa, di sisi lain perempuan muslimah Swedia mendapatkan kehormatan dan penerimaan yang utuh dari agama Islam dan komunitas muslim, yang tidak ada dalam agama-agama lain.

Muslimah Swedia mendirikan lembaga khusus bagi para muslimah pada tahun 1984, pada saat Islam baru pertama-tama berkembang di Swedia. Di organisasi ini aktivis muslimah melaksanakan kegiatan dakwah dan sosial di seluruh kota, berupa seminar, ceramah, kajian agama, muktamar Islam, bazar, stand amal, penyediaan perawat bagi anak-anak, pelatihan pendidikan anak, dan juga menopang problematika Islam.

Disebutkan dalam sejarah, bahwa Islam masuk di Swedia pada tahun 50-an pada abad 20 M, dibawa oleh sedikit orang yang bisa dihutung dengan jari, kebanyakan mereka dari Asia Tengah, yang lari dari Komunisme, dan sebagian lain dari Palestina yang diusir oleh Israil dari negaranya. (it/ut)

Redaktur: Samin Barkah, Lc., ME

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (39 votes, average: 9,05 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Amirullah Daming

    Sesuai Janji Allah didalam Alqu'an di Surah An Nasr :

    Apabila Telah datang pertolongan dan kamu lihat Manusia masuk agama Allah dengan berbondong bondong maka bertasbihlah dengan memuji Tuhan-mu dan mohonlah ampun kepada-nya.Sesungguhnya Dia maha penerima Tobat.

  • anis

    subhanallah walaupun nabi kita di hina banyak yang masuk islam.

  • Allah SWT lah yang akan menjaga Islam…sehingga walaupun seluruh dunia menistakan Islam, tak akan mampu "menghapus" Islam dari dunia ini

  • subhanallah, makin akhir zaman..makin ramai ummat manusia memeluk Islam..

  • Allhamdullilah, Islam adalah petunjuk yg benar dan nyata utk kehidupan di dunia dan di akhirat.

  • wa makaruu wa makarallah, walahu khoirul maakriin

  • SUBHANAALLAH….moga islam terus jaya

  • albanna

    Aq berharap suatu saat aq dapat memeluk saudara-saudaraku di Swedia dan Swiss, insyallah…

  • Subhanallah. Ternyata agama allah tetap ditinggikan derajatnya disaat lain, adanya pelecehan terhadap islam. Banyak sodara2 kita yang memilih islam gara2 hal yg bertujuan menjatuhkan islam. Allahu Akbar!!!

  • valya

    asubhanallah!!!!Innama'al 'usri yusroo.semakin dienulislam di sudutkan semakin terlihat jelas kebenarannya,tanpa keraguan di dalammya.agama yang paling masuk akal,yang mengatur segala urusan manusia baik dr zmn dl,skrang or YAD tanpa ada 1pun aturan yg t'lwtkn.

  • wiwin ariady

    dengan cara yang tidak terpuji masyarakat eropa mengenalkan islam , ternyata islam adalah cahaya yang terus bersinar menerangi kalbu gelisah islam rahmatan seluruh insan di dunia bagi yang mengerti

  • ali

    islam never die and we must to believe it until the end

  • Rizal Ramadhan

    SUBHANALLAH… SemOga NegAra lain akan menyusul sehingga terciptalah kekhilafahan yang menjadi impian muslim sejati……..ALLAHU AKBAR

  • subhanallah…Allahuakbar…dibalikkesulitan selalu akan terbit kemudahan. Oleh karena itu teman, berbahagia dan bersyukurlah kalau nikmat datang. Bersabar dan bersuka-citalah bila kesulitan menjelang.

  • ashofat

    Allohu akbar !!!

    al-islamu aliyya'lu wala yu'la alaih ..

  • Budi

    Subhanallah inilah bukti janji Allah swt :

    "Mereka ingin memadamkan cahaya Allah dengan mulut (tipu daya) mereka, tetapi Allah (justru) menyempurnakan cahaya-Nya, walau orang-orang kafir membencinya."

    (Ash Shaff : 8)

  • marwan ds

    Alhamdulillah, makin dibenci tetapi makin disayang. Rumusnya, seberapa besar tekanan dialami sama dengan reaksi yang terjadi.

    Allah Maha Besar.

  • andry

    Allahuakbar saat ini islam mulai memperlihatkan kejayaannya AMIENnnnn

  • fuadi lkirom

    ISLAM IS NEVER DIE…..

  • indri,,,,

    SUBHANALLAH,,,

    ALHAMDULILLAH,,,

    ALLAHUAKBAR

  • usman maru’dani

    Aku hanyalah salah satu dari sekian saudara-saudaraku
    yang tidak pernah takut….
    Yang aku takutkan hanya permainan yang kau cipta untuk memperdayai anak cucuku tanpa mereka sadari….
    Walau engkau menghina ku…menghancurkan ku…..
    tidak membuat ku sedih jika Iman Islam masih di hatiku, sekali lagi di mana? “Di hatiku”.
    Tunggulah saudara-saudaraku yang sedang tidur datang membantu…
    Maka atas Izin Allah…kelak engkau akan menyaksikannya.
    Kini saudara-saudara telah bangun satu persatu….lihatlah itu….

  • Ehh,Maap yea..Udah bca blum salah stu berita ttg Keagamaan dunia yg dmn isinya,slah satunya ttg 10 negara yg kurang brgama,n see.Swedia msuk 5 besar..N yeah,aq pernah tggal dsana n pnya sppupu di sna…..Dmna rata2 org nya Agnostic(klo blm tw,cri az di Google)…

    Britanya agak meragukan,ya?!

    • dita

      mungkin justru mereka menemukan keindahan Islam dan keluar dari ke-agnostic-annya. siapa tahu nanti kalo ada survei ttg keagamaan lagi swedia malah masuk 10 besar negara paling beragama. nah, Indonesia jangan mau kalah, okay?!

  • aku yakin dengan pasti bahwa islam selalu menang.walaoupun mereka menghina nabi muhammad tapi meraka ternyata termakan oleh omonganya sendiri malu2 in ya gak

  • babeh

    SUBHANALLAH,,, WALHAMDULILLAH,,,
    WA LAA ILAHA ILLALLAH… ALLAHUAKBAR…
    saya bahagia tambah saudara, tapi saya juga khawatir
    jangan2 kita islamnya duluan, tp masuk surganya belakangan
    karena banyak amal kita yg tidak islami
    dan sdr2 kita islamnya belakangan, tp masuk surganya duluan
    karena aktifitas amal mrk yg islami dan ikhlas
    AHLAN WA SAHLAN YAA IKHWANII………

  • solihin, tangerang

    Alhamdulillah ya ALLAH telah engkau bukakan pintu hati mereka2 yg tertutup, dan semoga ALLAH menyadarkan orang2 yg sombong dengan kesombongannya…. amin

Lihat Juga

ilustrasi (joelsantos.net)

Antara Temujin dan Rajawali Quraisy