Topic Archives: Tauhid

The Hidden Messages: Belajar Tauhid dari Tubuh Kita

Jika kita melihat tubuh kita lebih dekat lagi, dalam skala mikrometer hingga nanometer maka kita akan menyaksikan kehidupan terkecil yang begitu luar biasa di antara serangkaian besar kehidupan di alam semesta ini. Sel-sel dalam tubuh kita yang kesemuanya berjumlah sekitar 100 triliyun, mereka seolah olah mengerti bahasa satu sama lain. Sel dalam tubuh kita memiliki bahasa untuk berkomunikasi, melalui molekul-molekul kimia yang berjuta banyaknya.

Baca selengkapnya »

Api Tauhid

Membaca karya novel sejarah Kang Abik ini adalah penting. Tidak terbatas untuk mereka yang menyukai sejarah ataupun tidak. Selain mendapatkan keseruan perjalanan yang dilakukan oleh enam pemuda itu, masih banyak hal yang didapatkan menjadikan lebih semangat untuk menggelorakan Islam dan memperbaiki diri. Selamat membaca, mengarungi hikmah. Semoga kita terinspirasi untuk menjadi pribadi yang menebarkan manfaat.

Baca selengkapnya »

10 Rahasia Agar Dicintai Allah

Hati yang bersih adalah hati yang senantiasa menyadari bahwa Allah itu benar adanya, hari kiamat pasti kedatangannya, dan Allah pasti membangkitkan manusia dari kuburnya. Hati yang bersih adalah hati yang sehat. Sehatnya hati karena menaati perintah-perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. Semoga kita termasuk hamba yang memiliki hati yang bersih.Semoga kita dapat menjadi hamba yang memiliki kedudukan yang mulia di hadapan-Nya. Ya Allah, kami memohon kepada-Mu agar menuntun kami dapat senantiasa berada dalam jalan yang lurus, menyerahkan diri sepenuhnya kepada-Mu, mengenal-Mu, dan mentauhidkan-Mu. Anugerahkanlah kepada kami cinta-Mu dan cinta orang-orang yang mencintaimu, dan cinta untuk meningkatkan kualitas diri yang dapat mengantarkan kami kepada cinta-Mu. Aamiin

Baca selengkapnya »

Hanya Allah yang Jadi Tujuan

Aqidah merupakan pondasi penting dalam menjalani kehidupan. Dimanapun kita berada yang kita lakukan semestinya hanya berorientasi pada Allah. Baik berorganisasi, bekerja, menjabat sebagai pemerintah dan lain-lain. Konkretnya pada kisah Khalid bin Walid meski dipecat namun tetap mengabdi pada agama dengan niat lurus mencari Ridha Allah. Serta nasihat bijak Abu Bakar pada Umar yang membuatnya tersadarkan akan sikapnya. Seperti itulah dalam hidup, perlu kita ingatkan dengan istilah 3 A (Allah Dulu, Allah lagi dan Allah terus).

Baca selengkapnya »

Yuk Periksa Tauhid Kita

Kedudukan tauhid dalam ajaran Islam adalah hal paling sentral. Secara etimologis, tauhid berarti mengesakan, yaitu mengesakan Allah. Formulasi pendek dari tauhid yakni kalimat Laa Ilaha Illallah yang berarti tiada Tuhan selain Allah. Kalimat di atas menyiratkan bahwa Allah-lah sebagai satu-satunya Khaliq yang patut disembah oleh manusia. Komitmennya kepada Tuhan pun adalah utuh, total, positif dan kokoh.

Baca selengkapnya »

Mengkritisi Ketauhidan PNS

Ilustrasi. (inet)

Sebagian besar PNS hanya bertawakal kepada jenis yang pertama yaitu berpegang pada usaha atau asbab dan lupa kepada Allah yang menjadi “musabbibul asbab” sehingga dirinya diliputi keresahan dan hidup bergantung pada rezki yang ada pada gaji tetap tersebut. Akhirnya ketauhidan kepada Allah pun tergadaikan.

Baca selengkapnya »