Topic

Topic Archives: Rasa Syukur

Sudahkah Bersyukur Hari Ini?

Kita adalah makhluk Tuhan yang sungguh tiada apa-apanya. Kita hanya hidup sementara di dunia yang penuh dengan fatamorgana ini. Jadi, janganlah kita menyombongkan diri dan tidak mensyukuri atas nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. Jangan pernah menyesal atas apa yang terjadi saat ini. karena yakinlah Allah akan memberikan yang terbaik untuk kita. Akan ada hikmah di setiap skenario-Nya.

Baca selengkapnya »

Saat Menderita Penyakit, Tak Halangi Rasa Syukur

Saat melakukan pengobatan di RS Persahabatan, Jakarta Timur, ada yang membuatnya merasa beruntung. Di sana, beliau ditemukan dengan banyak pasien lain yang menderita hal serupa, bahkan lebih parah. Melihat pasien lain yang jauh lebih parah, bahkan ada pasien baru satu hari datang langsung meninggal besoknya. Di situlah ia bersyukur, meski beliau tidak mengetahui apa ia bisa sembuh atau tidak, setidaknya ia bisa lebih bertahan daripada mereka. Masih diberi kehidupan, masih diberi kesempatan.

Baca selengkapnya »

Menjadi Hamba yang Bersyukur

Rasullullah SAW,manusia paling mulia sekolong jagat,sudah di ampuni segala dosanya yang lalu dan yang akan datang,dijamin Allah masuk surga,rumahnya tidak ada perabotan mewah,bantal tidurnya dari kulit yang sudah disamak dan di isi daun kurma,pernah mengganjal perutnya dengan batu untuk menahan lapar,dan ketika beliau wafat baju besinya masih menjadi barang gadaian pada seorang yahudi.Namun demikian Shalat malam beliau sampai kedua kakinya bengkak.Dan ketika di tanya Aisyah,’’Wahai Rasullullah,mengapa engkau berbuat seperti ini padahal dosa engkau sudah diampuni ,’’Beliau menjawab ,’’Wahai Aisyah apakah aku tidak ingin menjadi seorang hamba yang bersyukur’’.

Baca selengkapnya »

Bersyukur atas Mata, Telinga dan Hati

Siklus hidup pun akan berjalan dengan teratur, seorang bayi tak akan bisa memimpin sebuah negara dan seorang presiden akan ada yang melampui dirinya di jaman kelak oleh para bayi generasi ke depan. Maha Sempurna, Allah yang mengatur sebab akibat di dunia ini dengan persentase kesalahan 0%. Dan kita mahkluk terbaik yang Ia ciptakan selama ini, maka tidak malukah kita ketika tak pernah bersyukur? Keteraturan yang sangat teratur di mana kita hanya diminta beribadah dan bersyukur berdasarkan kepahaman (Al-Fahm) kita. Semua butuh waktu yang ditunggu dan menunggu. Mata, Telinga, dan Hati kita pun menunggu saat ia dapat berbicara di saat sekarang hanya bisa memperhatikan tindak tanduk tempat mereka bersemayam.

Baca selengkapnya »

Sabar, Syukur, dan Tawakkal Itu Mahal

Apapun yang terjadi sepanjang hidupnya dia tetap tersenyum manis dan tulus. Kondisi-kondisi di atas hanya sebagian kecil dari kondisi-kondisi menguji kesabaran, kesyukuran dan ketawakkalan orang yang mengaku beriman. Masih banyak kondisi yang lainnya, bagi mereka yang bersabar, bersyukur dan bertawakkal semua kondisi itu tidak mempengaruhi semua tindakannya, dia tetap ceria dan tersenyum manis.

Baca selengkapnya »

Bersyukurlah Atas Nikmat-Nya

egitu banyaknya nikmat yang Allah berikan kepada kita, tetapi mengapa kita sebagai hamba-Nya masih selalu merasa kekurangan? Selalu ingin mendapatkan yang lebih, padahal Allah Maha Pemberi yang kita butuhkan. Di dalam Alquran pun sudah dijelaskan, “Maka, nikmat Tuhan-Mu yang manakah yang engkau dustakan?” (QS Ar-Rahmaan : 13). Ayat itu diulang sebanyak 31 kali dalam Surah Ar-Rahmaan.

Baca selengkapnya »

Karena Memang Allah Satu-Satunya yang Memahami

Maafkan kami Ya Rabb, yang terkadang lupa hakikatnya hidup di dunia, yang seharusnya dipergunakan untuk mempersiapkan amalan yang akan kami bawa kepada-Mu kelak. Ingatkan kami Ya Rabb, ketika kami mulai tersirat untuk berhenti menyiarkan agama yang penuh cinta ini, Islam. Kuatkan kami Ya Rabb, ketika ujian dan penolakan terhadap apa yang kami niatkan semata-mata untuk-Mu diacuhkan. Buatlah kami selalu tegar dalam setiap perbedaan tafsiran terhadap apa yang kami suguhkan Ya Rabb.

Baca selengkapnya »

Indahnya Bersyukur

Allah SWT menjanjikan akan menambahkan nikmat jika manusia itu pandai bersyukur, Allah berfirman “La’insyakartum la’aziidanakum wa la’inkafartum ‘inna’ adzaabii lasyadiid” artinya sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-KU), sungguh adzab-KU sangat pedih. (QS. Ibrahim: 7)

Baca selengkapnya »

Belajar dari Anak-anak Palestina

Sebagai muslim yang tinggal di negara yang jauh dari konflik persenjataan sudah seharusnya kita bersyukur, sudah seharusnya tingkat keimanan kita lebih baik dari mereka yang tinggal di wilayah persengketaan semacam itu, karena kita di sini (Indonesia) diberikan kesempatan lebih oleh Allah untuk terus belajar dengan Alquran, dikaruniai negeri yang aman dan damai, sehingga seharusnya ibadah yang kita lakukan lebih baik dan kondusif.

Baca selengkapnya »

Syukur dan Sabar

Sungguh mulia urusan orang mukmin, saat dia diberi kenikmatan maka dia beryukur dan sungguh syukur itu baik baginya, dan manakala diberi kesusahan berupa rasa sakit maka dia bersabar, dan sabar itu juga baik baginya, maka tugas kita semua adalah selalu bersyukur dan bersabar dalam setiap episode kehidupan, karena memang episode hidup selalu diisi dengan bergantian, antara senang-susah, sehat-sakit, sempit-longgar, muda-tua, dan seterusnya sampai maut menjemput kita dan kita termasuk hamba Allah yang senantiasa bersyukur dan bersabar... Amin......

Baca selengkapnya »
Figure
Organization