Topic Archives: Niat

Refleksi Hadits Arbain Kesatu dan Kedua

Sesungguhnya orang yang bertanya kepada Nabi tersebut adalah Malaikat Jibril. Ia datang hendak mengajarkan tentang belajar dan menuntut ilmu. Yakni bagaimana adab-adab dalam belajar, seperti berpakaian sopan, bersih, dan rapi serta hendaklah pada jarak yang dekat dengan guru. Jarak dekat ini maksudnya agar setiap orang yang mencari ilmu benar-benar fokus akan niatnya dan menghindarkan dari hal-hal yang mengganggunya selama menuntut ilmu.

Baca selengkapnya »

Dari Niat, Menuju Surga atau Neraka?

Surga NerakaNya NYATA. Izin rahmat Allahnya NYATA. SyafaatNya NYATA. Lalu bagaimana dengan amalan kita? Apakah nyata atau pura-pura dengan Allah? Lalu apa yang harus kita lakukan? Ya beramal lah dengan penuh keihklasan hanya mengharap ridho Allah SWT, dan dengan penuh kesungguhan mengikuti ajaran RasulNya. Yang sudah rutin banyak ibadah dan sesuai dengan petunjuk Al-Qur’an dan Sunnah, Ingat ! bukan ibadahnya yang harus dikurangi atau bahkan diberhentikan, namun niatnya lah yang harus diperbaiki. Murnikan ketaatan kita, cukup Allah tak ada yang lain.

Baca selengkapnya »

Koreksi Niat Sebelum Bertindak, Adakah Riya di Dalamnya?

Niat yang lurus tidak hanya dilakukan dalam ibadah mahdoh atau ibadah yang disyariatkan dan menghubungkan langsung seorang hamba kepada Rabb-Nya, namun lurusnya niat ini mencakup perbuatan apapun. Hendaknya kita selalu mengoreksi niat dan bertanya pada hati; apakah faktor pendorongnya adalah untuk mendapatkan ridha Allah Subhanahu wa ta’ala dan pahalanya, ataukah untuk mendapatkan kehormatan, pujian, dan harta benda. Jika jawaban yang kedua muncul, hendaknya kita meninggalkannya.

Baca selengkapnya »

Membangun Citra Positif

Tiada bulan yang mampu menggerakkan manusia untuk beribadah secara masif sebagaimana bulan Ramadhan. Tidak ada bulan yang mampu merubah perilaku manusia secara revolusioner, selain bulan Ramadhan. Tidak ada bulan yang setiap harinya menghadirkan keutamaan-keutamaan yang besar bagi hamba-hamba Allah yang beriman, selain bulan Ramadhan.

Baca selengkapnya »

Tergantung Niat

Lembayung senja menemani langkah Fatin. Bergegas ia menuju ke jalan besar untuk menunggu angkutan umum yang akan mengantarnya pulang ke rumah. “Lagi dan lagi, saya sendiri.” Ucap Fatin lirih. Sambil terus berdzikir, ia menatap secara seksama arah datangnya angkutan.

Baca selengkapnya »