Topic Archives: Membaca Al-Quran

Ahmad Nuaina, Qari’ Mesir yang Menghafal al-Qur’an di Usia 30 Tahun

Ahmad Nuina bertanya, “Hanya dua baris?” Ustadz menjawab, “Iya. Dua baris saja. Tapi, hafalkanlah dengan sempurna dan jadikanlah hal tersebut menjadi aktivitas harian.” Sejak saat itu, mulailah Ahmad Nuaina menghafalkan dua baris al-Quran setiap hari. Setiap waktu maghrib beliau menyetorkan hafalannya kepada gurunya sampai ia dapat menyempurnakan bacaan dan menghafal 10 qira’at al-Quran.

Baca selengkapnya »

Agar Bacaan Al-Quran Tak Sia-sia

Al-Quran merupakan kalamullah (firman Allah) yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, dan termasuk ibadah bagi yang mau membacanya. Al-Quran menjadi sumber utama syariat Islam. Di dalam kitab suci Al-Quran terkandung hidayah bagi setiap umat Islam dalam menjalani kehidupan agar selamat sekaligus dapat meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Baca selengkapnya »

Apapun yang Terjadi Kita Tetap Membaca Al-Quran

Sepintas keduanya normal-normal saja. Namun jika kita perhatikan dengan seksama, maka akan kita ketahui bahwa keduanya adalah tuna netra. Juz 30 dibaca penuh penghayatan, tangannya terus mengikuti titik-titik kertas Al-Quran braille. Jemari, pendengaran dan mata hati adalah kekuatan yang Allah anugerahi untuk kedua insan tersebut agar tetap bisa tilawah Qur’an.

Baca selengkapnya »

Peneliti: Baca Al-Quran Bisa Turunkan Nyeri Pasca Melahirkan

Peneliti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Hasto Andi Irawan mengatakan membaca Al-Quran secara tartil dapat menjadi salah satu cara untuk menurunkan skala nyeri pada ibu pascamelahirkan secara caesar. "Penelitian yang saya lakukan menunjukkan setelah membaca Al Quran selama 10 menit, 16 dari 31 pasien yang dijadikan sampel di Rumah Sakit Nur Hidayah Yogyakarta mengalami penurunan dari berbagai skala nyeri setelah menjalani operasi caesar," katanya di Yogyakarta, Minggu.

Baca selengkapnya »