Topic
Home / Berita / Nasional / Ternyata Hanya 0,5 Persen Masyarakat Indonesia yang Bisa Baca Al-Quran

Ternyata Hanya 0,5 Persen Masyarakat Indonesia yang Bisa Baca Al-Quran

Membaca Al-Quran (ilustrasi).   (hasrulhassan.com)
Membaca Al-Quran (ilustrasi). (hasrulhassan.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Meski merupakan negara mayoritas Muslim terbesar di dunia, namun hanya sekitar sekitar 0,5 persen umat Islam di Indonesia yang mampu membaca Al-quran dengan baik. Menurut pengajar sekaligus penemu metode belajar bahasa Arab Mustaqilli, Agus Shohib Khoironi, seharusnya masyarakat lebih menyadari pentingnya bahasa Arab.

Ditemui dalam acara Silaturahim Komunitas Pecinta Bahasa Arab Mustaqilli, di gedung Lembaga Pengembangan Perbankan Islam (LPPI), Kemang, Jakarta Selatan, (15/6), Agus mengungkapkan mimpi besarnya.

“Melalui belajar bahasa Arab, khususnya metode mustaqilli, orang dapat memahami bahasa hadits dan Al-quran secara langsung,” ujarnya.

Jika setiap orang mampu membaca dan memahami Al-quran secara baik, maka dapat meningkatkan ketakwaan, serta mampu mengajarkan kepada banyak orang. Dengan begitu, akan lahir generasi penerus bangsa yang berilmu, berahlak, dan beretika.

Bagi Agus, mimpi itu bisa menjadi kenyataan melalui metode Mustaqilli. Metode ini didesain agar orang lebih mudah mempelajari bahasa Arab, tanpa pandang umur. Ia menambahkan, dengan metode ini, hanya perlu waktu dua tahun, agar seseorang mampu memahami Al-quran dan hadits.

Agus menjelaskan, berbeda dari metode lain, Mustaqilli tak sekedar mengutamakan kemampuan berbicara atau bercakap dalam bahasa Arab, melainkan dapat memahami isi Al-quran dan hadits. Baginya, terlalu sederhana, bila belajar bahasa Arab hanya agar mampu bercakap menggunakan bahasa tersebut.

Ke depannya, penulis buku metode Mustaqilli yang best seller di Amazon, Amerika pada 2007 ini, berharap bahasa Arab terus meluas, dan lebih diminati. Kini ia tengah berusaha agar komunitas belajar bahasa Arab, tersedia pula di Bogor, Bekasi, dan daerah lainnya. (ROL/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Sambut Ramadhan dengan Belajar Quran Bersama BisaQuran

Figure
Organization