Topic Archives: Keuangan Syariah

Minimnya Regulasi Pengawasan Syariah di Perbankan Syariah Yaman

Oleh karena itu, dalam usahanya untuk menjamin kegiatan perbankan syariah sesuai dengan prinsip syariah, para ulama membentuk Syariah Supervisory Boards (SSBs), di Indonesia dikenal dengan istilah Dewan Pengawas Syariah (DPS). Peran utama SSBs secara umum adalah memastikan bahwa jasa dan instrumen yang ditawarkan institusi keuangan syariah sesuai dengan aturan syariah. Yang mana merupakan syarat utama untuk semua institusi keuangan syariah.

Baca selengkapnya »

Menakar Peran Auditor Syariah di Indonesia

Dr. Hudeib menyampaikan setidaknya terdapat 4 isu utama yang menjadi tantangan penerapan pengawasan audit syariah pada lembaga keuangan syariah. Meliputi masih terpisahnya pelaksana audit syariah dengan konvensional, masih lemahnya independensi auditor syariah, kurang jelasnya ruang lingkup audit syariah, dan kompetensi serta kualifikasi dari pelaksanaan audit itu sendiri yang masih perlu ditingkatkan.

Baca selengkapnya »

Optimalisasi Potensi Indonesia Dalam Perkembangan Keuangan Syariah

Dalam hal ini yang disoroti adalah perkembangan partisipasi muslim Indonesia terhadap keuangan syariah yang kini mulai terlihat ke permukaan. Selain itu, optimalisasi potensi lembaga keuangan Indonesia yang baru-baru ini diluncurkan oleh presiden Bapak Joko Widodo yaitu Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) yang mana ditujukan untuk mengharmonisasi perundang-perundangan perbankan syariah. Sehingga Indonesia siap dalam pertarungan menuju Asean Banking Integration Framework (ABIF).

Baca selengkapnya »

Peranan Auditor Syariah dalam Perkembangan Industri Keuangan Islam

Dari gambaran mengenai pentingnya peranan auditor syariah dalam mengimbangi perkembangan industri keuangan syariah saai ini, maka sangat dibutuhkan sumber daya manusia yang ahli dalam berbagai ilmu pengetahuan yang dibutuhkan suatu profesi di dalam struktur organisasi lembaga keuangan syariah khususnya sebagai auditor syariah. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya dari berbagai kalangan masyarakat baik dari sisi akademisi untuk menyediakan pembelajaran yang sesuai kebutuhan, praktisi yang menjalankan proses operasional sesuai dengan kaidahnya dan pihak regulator yang dapat membuat peraturan mengikat untuk menertibkan dan menjalankan industri keuangan syariah dengan baik dan sesuai dengan fungsinya.

Baca selengkapnya »