Topic Archives: Kemanusiaan

Mengenal Hakikat Manusia

Pada akhirnya, semua hakikat manusia ini akan jelas dipahami jika dunia telah hancur karena kiamat yang terjadi. Pada saat itu manusia akan diminta pertanggungjawaban atas amanah yang diberikan kepadanya berupa tugas untuk beribadah kepada Allah SWT semata dan menjadi khalifah di muka bumi.

Baca selengkapnya »

Kolaborasi Sosial untuk Anak Luar Batang

Melihat kondisi 4000 jiwa warga yang terlantar akibat penggusuran ini, terutama anak-anak, para santri dan santriwati dari Yayasan Indonesia datang langsung melihat, merasakan dan menyelenggarakan kegiatan trauma healing bagi anak-anak Luar Batang, Jakarta Utara, pada 15 April 2016 lalu. Berkolaborasi bersama Gerakan Sedekah Rombongan dan Forum Zakat (FOZ) wilayah Jakarta Raya, tiga lembaga sosial ini bersatu untuk mengembalikan pulusan senyum anak Luar Batang. Anak - anak korban penggusuran diajak bermain, dan bersenang-senang membuat mereka lupa dengan rubuhnya rumah mereka, walau mungkin hanya sebentar.

Baca selengkapnya »

Menjaga Fitrah Insaniyah

Kiranya kita perlu merenungi hadits yang diriwiyatkan oleh at Tirmidzi,” Abu Hurairah berkata, suatu ketika Rasulullah memegang kedua tanganku lalu menyebutkan lima perkara, jagalah dirimu dari hal-hal yang diharamkan, engkau akan menjadi manusia yang paling baik ibadahnya. Terimalah pemberian Allah padamu, niscaya engkau akan menjadi orang yang paling kaya. Berbuat baiklah kepada tetanggamu maka kamu akan menjadi mukmin sejati. Cintailah pada diri manusia seperti cintamu pada diri sendiri maka engkau akan menjadi muslim sejati. Janganlah terlalu banyak dalam banyak bercanda karena sesungguhnya banyak bercanda itu akan mematikan hati”

Baca selengkapnya »

Indonesia Dorong OKI Selesaikan Masalah Kemanusiaan

Indonesia mendorong Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) menetapkan langkah nyata guna menyelesaikan berbagai permasalahan kemanusiaan yang melanda umat Islam di beberapa negara akhir-akhir ini. "OKI harus melakukan langkah nyata serta konstruktif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan umat, karena mengutuk berbagai persoalan yang dihadapi umat bukanlah suatu kebijakan," kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Selasa.

Baca selengkapnya »
Organization