Topic Archives: keilmuan

Mulailah dari Isi

Jika dimulai dari isi, judulnya pun akan mudah dicari. Bahkan ia akan bisa muncul dengan berbagai macam dan ribuan kata yang sesuai. Akan terlalu banyak judul dan semua akan cocok jika kita sudah memiliki isi. Mulailah dari isi, dan pastikan kita mempunyai isi. Karena itu akan membuatmu memiliki judul, bukan sebaliknya.

Baca selengkapnya »

Kejarlah Ilmu yang Bermanfaat

Betapa jauh bedanya antara yang berilmu dan yang tidak. Antara yang menyesatkan dan yang menunjukkan kebenaran. Ada kisah dalam Hadits Riwayat Al-Bukhari dan Muslim, sebagaimana dimuat dalam Kitab Riyadhus Sholihin, bab taubat, ada seorang pembunuh yang membunuh 100 orang. Dia bunuh seorang rahib (pendeta) ahli ibadah sebagai korban yang ke-100 karena jawaban bodoh dari si ahli ibadah itu yang menjawab bahwa sudah tidak ada lagi pintu taubat bagi pembunuh 99 nyawa manusia. Akhirnya setelah membunuh si ahli ibadah yang menjawab dengan bodoh itu, maka si pembunuh pergi ke seorang alim, dan di sana ia ditunjukkan jalan untuk bertaubat, maka diapun mendapatkan penerangan bagi jalan hidupnya.

Baca selengkapnya »

Aktualisasi Keilmuan

Terlalu banyak orang yang memiliki gelar tinggi, tapi selalu gagal dalam kehidupannya. Sudah jauh-jauh sekolah di luar negeri, hingga mendapat gelar doktor, bahkan hingga professor; tapi sepulangnya ke negeri sendiri, hanya menjadi pegawai pemerintahan biasa. Di sinilah esensi keilmuan seharusnya menjadi parameter. Ukurannya bukan pada berapa banyaknya gelar yang didapat, jauhnya tempat seseorang bersekolah, hingga tingginya IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) yang diraih. Tapi sejauh mana seseorang dapat mengaktualisasikan ilmunya ke dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga orang lain merasakan kebermanfaatan yang nyata, daripada seseorang hanya mendapatkan rasa hormat, dan puji-pujian yang melenakan.

Baca selengkapnya »

Telaga Keilmuan

Dalam sejarah para sahabat Rasululullah Saw tercatat bahwa, di antara khulafaur rasyidin, Ali bin Abi Thalib-lah yang paling mapan keilmuannya. Jika Abu Bakar As-siddiq terkenal dengan amalannya yang luar biasa. Umar bin Khattab terkenal dengan keberanian dan ketegasannya. Usman bin Affan terkenal dengan sifat santunnya. Maka Ali bin Abi Thalib merupakan telaga keilmuan umat muslim.

Baca selengkapnya »

Lebih Pintarkah Kita dari Imam Malik?

Bisa dibilang sekarang itu zaman yang semua serba terbuka, karena sudah tidak ada lagi yang tertutupi. Semua, siapapun di penjuru bumi ini karena kemajuan zaman dan teknologi sekarang ini, akan terlihat oleh siapapun ketika dia memposting atau mempublikasikan apa yang ia lakukan ataupun ia katakan.

Baca selengkapnya »
Organization