Topic Archives: Asuransi syariah

Implementasi Maqashid Syariah pada Asuransi Syariah

Dewasa ini perkembangan sistem ekonomi syariah di Indonesia sangatlah signifikan baik salah satunya pada bidang asuransi syariah. Kehadiran asuransi syariah disambut baik oleh negara yang mayoritas penduduknya Islam ini. Asuransi syariah pun menjadi alternatif bagi masyarakat yang beragama muslim karena dianggap lebih banyak mashlahah dan terhindar dari akad-akad yang dilarang dalam syariat Islam, berbeda dengan asuransi konvensional yang tidak bisa memenuhi harapan umat Islam yang di dalamnya mengandung unsur gharar.

Baca selengkapnya »

Konsep Ta’awun (Tolong Menolong) dalam Asuransi Syariah

Ilustrasi - Suasana di sebuah Kantor Asuransi. (kontan.co.id)

Konsep tolong menolong yang terkandung dalam asuransi syariah adalah Adanya dana tabarru (tolong menolong) di antara peserta asuransi untuk berbagi risiko/ menanggung risiko secara bersama-sama(Sharing of risk). jika ada salah satu peserta yang mengalami kerugian, kecelakaan atau kematian, maka dana tersebut dapat di gunakan untuk membantu nya. Atau dalam istilah asuransi disebut dengan klaim. Maka para peserta sudah ridho, jika dana yang terkumpul dihibahkan (diberikan) kepada peserta lain yang mengalami kerugian, kecelakaan ataupun kematian. Dari sikap tersebut, sangat tampak nilai sosial dan nilai ibadah para peserta asuransi, karena dengan menggunakan akad tabarru (tolong menolong), mereka dapat membantu peserta yang lain untuk menanggung risiko, di mana dana tersebut memang di hibahkan kepada peserta yang mengalami kerugian.

Baca selengkapnya »

Market Share Asuransi Syariah di Indonesia Rendah

Ilustrasi - Suasana di sebuah Kantor Asuransi. (kontan.co.id)

Direktur Syariah Allianz Life Indonesia Kiswati Soeryoko mengatakan di antara jumlah asuransi syariah di Indonesia, mayoritas berstatus Unit Usaha Syariah (UUS). "Ini membuat asuransi syariah sulit mendapatkan market share besar," ujarnya saat menjadi pembicara dalam seminar ekonomi syariah bertajuk 'Masa Depan Industri Asuransi Syariah Indonesia di Tengah Keberpihakan Regulasi', Kamis (28/2).

Baca selengkapnya »