Organization Archives: DSN

Perspektif Masyarakat terhadap Investasi Syariah

Namun yang terjadi saat ini, pemahaman masyarakat tentang pasar modal syari’ah selama ini selalu identik dengan spekulasi, bahkan ada yang mengasosiasikan sebagai judi. Kesalahpahaman tersebut terjadi sebagai akibat dari kurang pahamnya mereka tentang investasi di pasar modal. Selain itu, banyaknya pelaku pasar yang melakukan transaksi tanpa perhitungan dan dasar analisa, sehingga menambah kesalahpahaman masyarakat tentang pasar modal. Maka untuk mengentaskan semua permasalahan yang terjadi BEI dan Bapepam-LK bekerjasama dengan DSN-MUI aktif memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang Pasar Modal Syariah. Keterlibatan DSN-MUI dalam mengedukasi masyarakat tentang Pasar Modal Syariah dapat meningkatkan kepercayaan dan keyakinan masyarakat untuk melakukan investasi di Pasar Modal Syariah.

Baca selengkapnya »

Bank Syariah Harus Optimalkan Fintech

Financial technology (FinTech) merupakan salah satu sektor industri dalam perekonomian yang terdiri dari para perusahaan yang menggunakan teknologi untuk memberikan layanan keuangan secara lebih efisien. Menurut laporan dari Accenture menyebutkan bahwa nilai investasi ke dalam bidang fintech selama sembilan bulan pertama tahun 2015 mencapai US$ 3,5 miliar. Angka tersebut hampir mencapai empat kali lebih besar dari angka US$ 880 juta yang tercatat sepanjang tahun 2014. Sehingga dapat diprediksi akan terjadi peningkatan nilai investasi dalam bidang fintech pada tahun 2016.

Baca selengkapnya »

Ini Lho Audit Syariah

Tujuan audit syariah adalah untuk memastikan kesesuaian seluruh operasional bank dengan prinsip dan aturan syariah yang digunakan sebagai pedoman bagi manajemen dalam mengoperasikan bank syariah. Hal-hal yang dilakukan pada audit bank syariah meliputi: pengungkapan kewajaran penyajian laporan keuangan dan unsur kepatuhan syariah, memeriksa akunting dalam aspek produk, baik sumber dana ataupun pembiayaan. pemeriksaan distribusi profit, pengakuan pendapatan cash basis secara riil. pengakuan beban secara accrual basis, dalam hubungan dengan bank koresponden depositori, pengakuan pendapatan dengan bagi hasil. pemeriksaan atas sumber dan penggunaan zakat. ada tidaknya transaksi yang mengandung unsur-unsur yang tidak sesuai dengan syariah.

Baca selengkapnya »