Home / Berita / Opini / Liqa Itu Penting

Liqa Itu Penting

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (anixmw11.wordpress.com)

dakwatuna.com – Sebaik-baik manusia adalah bermanfaat untuk orang lain. Dengan ikut liqa atau mentoring berarti kita belajar untuk menjadi pendakwah yang baik. Bukan hanya teori yang kita dapatkan tetapi praktek langsung.

Liqa atau mentoring merupakan suatu perkumpulan melingkar biasanya diisi dengan tausiyah dan nasehat.

Firman Allah, “Kalian adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah.” (Ali Imran: 110)

Perintah untuk setiap muslim menjauhi kemungkaran sesuai dengan kemampuannya:

Hadits Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassallam, “Barangsiapa di antara kalian yang melihat kemunkaran, hendaknya dia merubah dengan tangannya, kalau tidak bisa hendaknya merubah dengan lisannya, kalau tidak bisa maka dengan hatinya, dan yang demikian adalah selemah-lemah iman.” (HR. Muslim)

Melaksanakan kewajiban dan sunah surat Ali Imran ayat 79

Firman Allah, “Tidak wajar bagi seseorang manusia yang Allah berikan kepadanya Al Kitab, hikmah dan kenabian, lalu dia berkata kepada manusia: “Hendaklah kamu menjadi penyembah-penyembahku bukan penyembah Allah”. Akan tetapi (dia berkata): “Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani, karena kamu selalu mengajarkan Al Kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya”.

Alasan kita Mentoring:

Mendapat pahala

Mentoring bermanfaat untuk diri sendiri dan juga untuk orang lain karena jika seseorang selalu melakukan kebaikan untuk orang lain maka kebaikan pula yang didapat untuk dirinya, Allah sendiri menganjurkan laki-laki muslim dan perempuan muslimah untuk selalu belajar dan mengajarkan kepada orang lain agar kita diangkat harkat martabatnya bukan hanya didunia tetapi diakhirat pula.

“Barang Siapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.”(HR. Muslim no. 1893)

Benteng dari berbagai godaan

Mentoring salah satu benteng dari berbagai godaan ,godaan didunia , godaan makhluk gaib dan godaan makhluk hidup, dengan begitu kita terhindar dari godaan yang menjerumuskan kita ke hal yang buruk

Mengembangkan kualitas pribadi

Mentoring akan menjadi salah satu cara untuk mengembangkan bakat dakwah dan juga menjadi salah satu jalan untuk mengembangkan kualitas pribadi karena didalam mentoring diajarkan untuk melakukan kebaikan dan memberikan pengajaran untuk menjadi pendakwah yang baik untuk orang lain,maka dari itu dengan mentoring kita sendiri akan belajar untuk mengembangkan kualitas pribadi kita menjadi lebih baik

Membangun networking

Mentoring Bermanfaat untuk membangun net working atau pekerjaan salah satu jalan untuk mencari dukungan jika seseorang belum mendapatkan pekerjaan atau juga sudah mendapatkan pekerjaan, biasanya guru mentoring yang menasehatkan baiknya seperti apa, kita bisa mendapatkan saran atau nasehat dari guru mentoring yang mengajarkan kita saat mentoring

Mendapat perhatian

Mentoring bermanfaat untuk kita mempersatukan ukhuwah umat Islam di manapun dan kapan pun karena belajar itu tidak hanya di dalam daerah tetapi juga di luar daerah pun juga bisa agar kita saling mengenal dan saling perhatian sesama umat manusia,perhatiaannya tidak hanya sesama teman sesama liqa tetapi juga bisa mendapat perhatian dari guru liqa kita sendiri. Liqa juga mengajarkan kita untuk perhatiaan sama orang lain agar selalu menjaga ukhuwah persatuan umat manusia.

Kaderisasi universal

Mentoring bermanfaat untuk kaderisasi universal karena dengan kita berkaderisasi ,berdakwah kita akan mendapat ilmu yang bermanfaat bukan hanya dengan satu guru tetapi dengan banyak guru kita juga akan mendapatkan banyak teman untuk bisa mempersatukan umat manusia, dengan kita berkaderisasi secara universal kita dapat membangkitkan berkembangan Negara kita , membangkitkan semangat umat manusia untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan Negara Indonesia. (annas/dakwatuna.com)

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 5,00 out of 5)
Loading...
Annas Sintya Dewi
saya melihat banyak konten yang tidak baik di sosial media terutama artikel yang kadang kurang menjamin ke AKTUALAN nya

Lihat Juga

Hikmah Sebuah Kesedihan

Organization