Home / Berita / Internasional / Eropa / Museum Inggris di London Luncurkan Galeri Baru Tentang Kebudayaan Islam

Museum Inggris di London Luncurkan Galeri Baru Tentang Kebudayaan Islam

Koleksi di galeri kebudayaan Islam di British Museum di London. (Anadolu)
dakwatuna.com – London. Museum Inggris (British Museum) membuka sebuah galeri baru tentang kebudayaan Islam pada Jumat (19/10) lalu.

Galeri tersebut terdiri dari dua ruangan. Di dalamnya terdapat bentangan kisah perjalanan kebudayaan Islam dari Afrika Barat ke Asia Tenggara sejak abad ketujuh hingga hari ini.

Galeri Yayasan Albukhary memberikan kesempatan luar biasa bagi pengunjung untuk melihat artefak yang disajikan dalam tampilan dengan tema-tema seperti sains, kaligrafi, mode, dan dongeng.

Koleksinya meliputi arkeologi, seni dekoratif, wayang kulit, tekstil, dan seni kontemporer.

Galeri tersebut secara khusus menampilkan banyak contoh kebudayaan Ottoman, termasuk lampu masjid Ottoman yang dibuat di Iznik, barat laut Turki dan sebuah spanduk Ottoman yang indah dari periode Selim III (1789-1807).

Di dalamnya juga menampilkan benda-benda lain dari budaya Ottoman yang kaya. Seperti sepasang baki mandi dari kayu yang dihias dengan mutiara, banyak contoh keramik Iznik dan pakaian yang terkait dengan Sultan Selim III.

Peluncuran galeri dirayakan dengan konser musik, para darwis yang berputar-putar, dan drama pendek yang mempromosikan budaya Islam.

The Albukhary Foundation adalah organisasi nirlaba yang berbasis di Malaysia dengan kehadiran di seluruh dunia. Selama 40 tahun terakhir, yayasan ini telah mempromosikan niat baik melalui pendidikan dan warisan budaya. (whc/dakwatuna)

Sumber: Anadolu Agency

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Komunitas Muslim Jerman Minta Aparat Jaga Seluruh Masjid

Organization