Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Sebaiknya Renovasi Tingkat di Depan Atau Belakang?

Sebaiknya Renovasi Tingkat di Depan Atau Belakang?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com

 

Pertanyaan:

Assalaamua’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Pak Andan di dakwatuna.com

Saya ingin renovasi rumah lama saya. Dana nya terbatas. Bagian belakang rumah saya sudah tingkat namun masih lantai kayu. Rencana nya saya akan tambah ruangan di lantai 2. Kebutuhan ruang nya adalah : 2 ruang tidur agak besar dengan kamar mandi di dalam, ruang duduk, balkon dan atap carport.

Untuk lantai satu saya ingin masuk 2 mobil ke garasi. Lalu ada perbaikan muka rumah menjadi minimalis.

Pertanyaan nya, apakah tingkat 2 dilakukan di depan atau di belakang ya Pak Andan. Sekali lagi mengingat dana kami yang terbatas.

Demikian Pak Andan, silahkan ke rumah kami untuk lihat lokasi. Karena akan lebih memudahkan lagi melihat kondisi rumah kami perlu di ganti atap nya.

Wassalaamua’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Vera – Depok

 

Jawaban:

Was’alaikum salam warahmatullahi wa barakaatuh

Bu Vera di Depok, Ahamdulillah wa jazakillah atas akses nya kepada kami di dawaktuna. Semoga silaturahim kita membawa barokah. Semoga netters sekalian juga di berikan keberkahan dari Allah pencipta kita semua.

Bu Vera, prinsip umum renovasi adalah tidak banyak bongkar. Hingga untuk menghemat biaya saya hanya membongkar 1 kamar tidur di depan garasi hingga cukup untuk 2 mobil. Selain itu semua denah lantai satu saya pakai semua.

Tangga agak saya ubah pola nya. Karena lantai 2 lama saya pertahankan hingga akses masuk ke atas melalui bangunan lama di belakang. Jadi hemat pola sirkulasi nya. Walaupun harus sedikit saya naikkan bagian depan nya. Hingga ada sedikit anak tangga membedakan bangunan lama dan baru.

Prinsip lantai 2 saya sebenar nya mengikuti lantai 1. Karena ada pola kamar mandi yang harus saya samakan agar mudah pola pipa air nya. Selain itu juga pola ini menghasilkan ruang di tengah yang membuat akses ke balkon menjadi mudah.

Dak terbuka pada bagian depan rumah menjadi daya tarik utama. Hingga rumah menjadi tampil masa kini, gaya minimalis yang lagi trend. Dengan warna cerah dan segar membuat rumah ini tampil cantik walaupun biaya nya hemat.

Atap lama saya sambung dengan dak talang beton. Memang tidak ideal. Tapi inilah cara hemat agar biaya tidak membengkak. Atau jika ingin sekaligus, maka atap bisa saja di sambung ke belakang. Hingga seluruh atap adalah bangunan baru.

Jadi Bu Vera, bangunan baru ada di depan. Karena kita sudah mengeluarkan biaya renovasi, sayang tidak nampak hasil nya. Jika kita buat di belakang ia akan tersembunyi. Selain itu di belakang juga sudah ada tingkat 2 lama. Hingga saya jadikan bangunan lama untuk akses agar hemat biaya.

Alhamdulillah, selesai sudah desain kali ini. Semoga bermanfaat. Semoga penjelasan singkat ini dapat dipahami bahwa betapa penting desain sebelum renovasi. Karena desain Bu Vera ini saja sudah 7 kali berubah. Sesuai perubahan kebutuhan, kondisi lapangan serta dana yang ada.

Dan tentu bisa berubah lagi di mulai di renovasi. Walaupun sudah saya survey, kadang kala ada saja perubahan di lapangan saat pekerjaan berjalan. Nah, itulah fungsi desain yang dibuat oleh arsitek. Justru akan semakin membuat pengeluaran biaya menjadi hemat.

Akhirul kalam, Billaahi taufik wal hidayah

Wassalaamua’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

(SaBah/dakwatuna)

Ir. Andan Nadriasta – www.griyainsani.com

Hp  :  0813 1901 0400 ( Wa Only )

Kirimkan email pertanyaan / order desain / pelaksanaan ke : [email protected]
fb  : griyainsani
IG : @griyainsani
Twitter : @griyainsani_com

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 5)
Loading...
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

Sebaiknya Renovasi Tingkat di Depan Atau Belakang?

Organization