Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Bagaimana Cara Hemat Membuat Rumah Tingkat di Tanah Yang Kecil?

Bagaimana Cara Hemat Membuat Rumah Tingkat di Tanah Yang Kecil?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

EDI JAGAKARSA desain 1 - VIEW 8dakwatuna.com

 

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wa rahmatulllaahi wa barakaatuh

Pak Andan di dakwatuna.com , saya memiliki rumah kecil di Indonesia. Posisi saya sendiri sekarang masih merantau di Malaysia. Rencana nya rumah lama tersebut ingin saya renovasi.

Luas tanah nya hanya sekitar 65 m2. Denah awal terlampir. Untuk itu saya perlu membangunnya tingkat 2 ke atas. Bagaimana cara membangun nya dengan hemat dan murah ?

Kebutuhan lantai satu adalah dapur, parkir mobil seukuran innova , parkir atau tempat cuci motor, ruang tamu, teras tamu di depan , ruang makan dan ruang keluarga yang lapang.

Untuk lantai atas saya ingin ada ruang tidur utama , ruang tidur anak perempuan 1 , ruang tidur anak laki-laki juga satu ( tapi isi nya 3 tempat tidur anak laki – laki, ) , ruang keluarga , ruang cuci jemur , gudang dan kamar mandi.

Demikian pertanyaan nya. Terima kasih atas tanggapan Pak Andan.

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Edi – Kuala Lumpur

 

Jawaban:

Wa’alaikum salam wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Netters dakwatuna sekalian, senang sekali rasanya saya menerima email dari Malaysia. Mengingatkan saya beberapa tahun yang lampau. Sering bolak balik ke Malaysia dalam rangka ingin mengambil S2 di UTM Johor Bahru. Namun karena satu dan lain hal saya tidak jadi ambil program tersebut.

Pak edi di KL, alhamdulillah saya sudah terima data nya. Denah awal yang ada memang sangat kecil. Jalan pas satu mobil di depan membuat manuver kendaraan harus ekstra hati – hati. Serta denah lama yang nampaknya pengap harus segera di carikan solusi nya.

Baiklah, mari kita simak analisa saya. Berikut penjelasan teknis tentang desain rumah pak edi :

Carport rumah yang sudah cukup panjang untuk mobil innova saya pertahankan. Namun tembok nya saya mundurkan sedikit untuk area ruang cuci motor dan parkir motor seperti yang di inginkan Pak Edi. Karena jika di letakkan di tempat lain , nampak nya cukup mengganggu. Hingga paling hemat di posisi depan mobil.

Teras depan cukup untuk bangku menerima tamu. Hingga jika ada tamu yang hanya sebentar saja, bisa di terima di area ini. Sementara itu ruang tamu ada di balik area teras ini. Ruang tamu menerus langsung ke ruang  makan dan ruang keluarga. Hingga rumah ini terasa lapang. Dengan di sekat menggunakan tangga ke lantai 2 , rumah ini tetap memiliki privacy antara tamu dan penghuni rumah.

Dapur di belakang langsung bertemu hawa taman. Hingga asap kompor memiliki akses hawa yang baik. Area ini juga segaris dengan carport. Hingga area service menjadi praktis karena ada dalam 1 jalur. Kamar mandi lama yang ada di seberang dapur tidak saya bongkar. Agar hemat biaya.

Ruang tidur saya bongkar. Karena Pak Edi menginginkan semua kamar tidur ada di lantai 2. Pola ini membuat ruang tengah menjadi sangat lapang. Hingga saya bisa memanfaatkan nya menjadi ruang makan dan ruang keluarga yang luas dan lega.

Kini kita ke lantai 2. Ruang tidur utama ada di belakang. Dengan shower dalam kamar yang memiliki akses pipa air ke wc lantai 1. Akses hawa ruang tidur utama adalah dari void taman belakang dan area jemuran yang ada di samping.

Sementara itu kamar anak laki – laki agak saya buat lebih besar di bandingkan kamar anak perempuan. Saya letakkan di depan bangunan. Hingga ia menjadi tampilan muka utama rumah. Secara zona area sudah tepat. Kamar tidur anak tidak mengapa berhadapan dengan jalan yang berisik. Sementara itu kamar tidur utama di belakang karena lebih menghindar dari berisik nya sisi jalan muka rumah.

Ruang service di atas berupa ruang cuci jemur dan gudang. Saya buat void kecil ke lantai 1. Hingga akses hawa atas dan bawah tetap terhubung. Gudang bisa juga di ubah menjadi ruang pembantu. Dengan menggunakan atap dak beton, maka area ini bisa di jadikan tempat tangki air.

Demikian penjelasan saya Pak Edi. Semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang , desain ini dapat saya ubah lagi. Itulah penting nya membuat desain terlebih dahulu. Hingga tidak salah saat membuat pekerjaan lapangan.

Semoga ada manfaat nya artikel ini.

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Andan Nadriasta, ST

Kirimkan email pertanyaan / order desain / pelaksanaan ke : [email protected]

EDI JAGAKARSA denah awalEDI JAGAKARSA ds 1 denah lt 1EDI JAGAKARSA ds 1 denah lt 2EDI JAGAKARSA ds 1 int lt 1 view 2EDI JAGAKARSA ds 1 int lt 2 view 2EDI JAGAKARSA desain 1 - VIEW 5EDI JAGAKARSA desain 1 - VIEW 6EDI JAGAKARSA desain 1 - VIEW 1EDI JAGAKARSA desain 1 - VIEW 8

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

Membaca Arah Hubungan Rusia dan Israel