Home / Narasi Islam / Resensi Buku / Manajemen Pelayanan Publik

Manajemen Pelayanan Publik

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Cover buku “Manajemen Pelayanan Publik”.

Penulis: Hayat, SAP., M.Si.
Penerbit: Rajawali Pers
Tahun terbit: 2017
Halaman: 244

dakwatuna.com – Di dalam buku ini menjelaskan secara rinci tentang apa yang ada di dalam sebuah pelayanan publik. Pelayanan publik dikatakan sebagai tombak utama keberhasilan sebuah organisasi atau sebuah kepemerintahan. Pelayanan publik bisa dikatakan maksimal atau baik jika masyarakat menilai dengan baik. Semua penilaian baik kepada pelayanan publik sepenuhnya terdapat pada penilaian masyarakat. Jika masyarakat menilai pelayanan publik pemerintah terhadap masyarakat kurang baik maka akan mempengaruhi segala aspek yang berjalan di pemerintahan. Namun jika pelayanan publik ternilai baik dimata masyarakat maka hal tersebut menjadi misi keberhasilan dari sebuah pemerintahan.

Pemerintahan dengan pelayanan publik selalu memiliki hubungan atau bisa disebut dengan ada keterkaitannya dengan dua belah pihak tersebut. Karena setiap pemerintahan selalu membutuhkan pelayanan publik, begitu pun dengan sebaliknya. Karena pemerintah selalu memastikan apakah pelayanan publik yang diberikan untuk masyarakat dapat diterima dengan baik atau malah justru sebaliknya karena hal tersebut sangat mempengaruhi kualitas dari sebuah pemerintahan.

Di dalam pelayanan publik juga terdapat manajemen. Manajemen dapat berjalan jika beriringan dengan organisasi. Dalam halnya organisasi sebagai kepala dari sebuah organisasi, dan manajemen yang menjalankan aspek-aspek yang ada dalam organisasi. Sebuah organisasi tidak akan dapat berjalan dengan semestinya jika tidak berkaitan dengan manajemen, karena pada dasarnya manajemen bertujuan untuk mengatur semua sisi yang ada pada organisasi agar organisasi tersebut dapat melaksanakan atau mencapai tujuannya dengan maksimal.

Dalam sebuah organisasi tentunya mempunyai beberapa hal yang identik, salah satunya adalah pembagian kerja. Dalam hal ini pembagian kerja bisa dilakukan apabila seseorang yang akan diberikan tanggung jawab dalam pekerjaan tersebut sesuai dengan bidangnya. Ia mempunyai skill yang baik, dan semua berjalan satu arah dengan tugas yang akan diembannya. Hal itu sangat penting karena berdampak besar bagi sebuah organisasi. (dakwatuna/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Rizqi Imandasari
Mahasiswi di salah satu perguruan tinggi swasta yang berada di Malang, Jawa Timur. Jurusan Ilmu Administrasi Negara.

Lihat Juga

Mayoritas Layanan Peta Online Belum Cantumkan Peta Palestina