Home / Berita / Internasional / Asia / Mushaf Al-Quran dari Sutra Selesai Dikerjakan dalam Dua Tahun

Mushaf Al-Quran dari Sutra Selesai Dikerjakan dalam Dua Tahun

Mushaf Quran buatan tangan yang dibuat dengan kain sutra di Turquoise Mountain Foundation di Mourad Khani, di bagian kota tua Kabul. (TRT World)
dakwatuna.com – Kabul. Sebuah yayasan mendirikan toko di Kabul, Afghanistan, 12 tahun yang lalu. Di toko itu, dilestarikan berbagai karya seni seperti keramik, kerajinan kayu dan kaligrafi.

Lebih dari tiga lusin pengrajin kemudian sibuk mengejar mahakarya terbaru mereka, yaitu sebuah mushaf Al-Quran dari sutra.

Para pengrajin di komplek bata-lumpur di Kabul tampak bekerja dengan keras.

Mushaf Al-Quran ini merupakan satu-satunya mahakarya yang pernah dibuat dengan kain sutra. Ia terikat dengan kulit, dan memiliki tebal 610 halaman.

Tim yang mengerjakan mahakarya ini terdiri dari 38 pengrajin. Mereka perlu waktu dua tahun untuk merampungkannya.

Untuk menyelesaikan satu halaman saja, mereka perlu waktu selam dua hari.

Para pengrajin tersebut memulai proyek dengan merawat lebih dari 300 meter sutra.

Kaligrafi sangat dihargai dalam budaya Islam. Sebab kaligrafi identik dengan produksi mushaf Al-Quran.

Mushaf Al-Quran sutra ini bernilai antara $ 100.000 hingga $ 200.000. Mahal memang, tapi tampaknya tidak sebanding dengan ketekunan para pengrajinnya. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

The real Kelas Internasional