Topic
Home / Berita / Internasional / Trump Berencana Umumkan Al-Quds Ibukota Israel, Liga Arab Gelar Pertemuan Darurat

Trump Berencana Umumkan Al-Quds Ibukota Israel, Liga Arab Gelar Pertemuan Darurat

Kota terajajah Al-Quds. (felesteen.ps)

dakwatuna.com – Kairo. Asisten Sekretaris Jendral (Sekjen) Liga Arab, Hossam Zaki mengumumkan, Liga Arab akan menggelar pertemuan darurat pada Selasa (05/12) besok. Menurutnya, pertemuan tersebut akan membahas langkah mengatasi keputusan AS terkait status Al-Quds.

“Diputuskan untuk menggelar pertemuan pada tingkat perwakilan tetap, atas permintaan Palestina terkait perkembangan status Al-Quds,” kata Zaki, seperti dilansir aa.com.tr/ar, Senin (04/12/2017).

Sebelumnya, Ahad (03/12), perwakilan Palestina mengirim sebuah memorandum kepada Liga terkait pentingnya menggelar pertemuan untuk membahas masa depan Al-Quds. Berdasarkan prosedur, pertemuan dapat digelar dengan kesepakatan minimal dua negara dari 22 negara anggota.

Pada Jumat (01/12) lalu, sebuah pemberitaan menyebutkan bahwa Presiden AS berencana akan mengumumkan pengakuan Al-Quds sebagai ibukota bagi Israel. Pengumuman yang disebut-sebut akan dilakukan pada Rabu mendatang itulah yang melatar belakangi digelarnya pertemuan darurat Liga Arab.

Isu pengakuan status Al-Quds ini telah mencuat sejak beberapa tahun lalu. Bahkan, selama kampanye pemilihan presiden, Trump telah menjanjikan akan memindah kantor kedutaan AS dari Tel Aviv ke Al-QUds. Berulangkali Trump menyebutkan bahwa hal itu “hanya perkara waktu”.

Sebelumnya, tuntutan pertemuan darurat juga dilontarkan oleh Kepala Biro Politik Gerakan Perlawanan Islam (Hamas), Ismail Haniyah. Hal itu disampaikan Haniyah saat menghubungi Sekjen Liga Arab, Ahmed Aboul Gheit, melalui telepon. (whc/dakwatuna)

Sumber: Anadolu Ajansi Arabic

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Israel Bersiap Bangun Sinagoge di Tengah Kompleks Al-Aqsha

Figure
Organization