Home / Berita / Internasional / Qatar dan AS Gelar Dialog Anti-Terorisme di Washington

Qatar dan AS Gelar Dialog Anti-Terorisme di Washington

Forum bertujuan untuk menguatkan kerjasama bilateral dalam bidang tersebut. (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Washington. Sebuah Forum Dialog antara Qatar dan Amerika Serikat (AS) untuk memerangi terorisme dilaksanakan di ibu kota AS, Washington. Dilansir Aljazeera.net, Kamis (09/11/2017), Forum Dialog ini bertujuan untuk menguatkan kerjasama bilateral dalam masalah tersebut.

Disebutkan, Delegasi Qatar dipimpin oleh Ketua Komite Anti-terorisme, Jendral Abdulaziz Abdullah al-Anshari. Sedangkan Delegasi AS diwakili oleh Koordinator Anti-terorisme Departemen Luar Negeri, Nathan Sills.

Selama pertemuan, kedua belah pihak membicarakan perkembangan MoU kedua negara dalam memerangi pendanaan teroris. Selain itu, keduanya juga membahas tentang pengembangan mekanisme aksi bersama dan pertukaran informasi.

Jurnalis Aljazeera, Mourad Hashim melaporkan, pertemuan berlangsung di Markas Kemenlu secara tertutup. Ia berharap, keterangan resmi akan dirilis sesaat setelah pertemuan berakhir.

Hashim menambahkan, konteks dalam forum ini sangat penting. Hal ini berkaitan dengan kesaksian berturut-turut dari para pejabat AS yang membantah tudingan demi tudingan negara-negara pemboikot Qatar.

Sebelumnya, pada 11 Juli lalu, AS dan Qatar telah menandatangani ‘MoU Kerjasama dalam Memerangi Pendanaan Terorisme’. MoU ini mencakup juga kerjasama dua negara dalam asas pemberantasan terorisme seperti keamanan, informasi intelijen dan pendanaan.

Seperti diwartakan, Laporan Tahunan Kemenlu AS yang dirilis Juli 2017 lalu, sangat memuji peran Qatar dalam berupaya memberantas terorisme. Dalam laporan ditegaskan, Doha berusaha dengan makasimal dalam mengambil tindakan yang diperlukan untuk mewujudkan kerjasama tersebut dengan semua mitranya. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Advertisements

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra

William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma’had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.

Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma’had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Menlu Jerman: Eropa dan Jerman Harus Terbebas dari AS