Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Israel Diusulkan Jalin Koalisi dengan Negara-negara Arab

Israel Diusulkan Jalin Koalisi dengan Negara-negara Arab

PM Zionis Israel Benjamin Netanyahu. (infiniteunknown.net)

dakwatuna.com – Tel Aviv. Dua pakar dari Israel, menyeru pemerintahnya untuk menjalin koalisi dengan Arab Saudi, Mesir dan Yordania. Menurut mereka, saat ini merupakan kesempatan yang tidak terulang untuk menyelesaikan konflik Israel, Arab dan Palestina.

Kolumnis di surat kabar Maariv, Ephraim Ganor mengatakan, di hadapan PM Benyamin Netanyahu terbentang peluang bersejarah untuk menyelesaikan konflik Israel – Palestina. Ganor menekankan peluang yang tersedia ini sangat langkan, dan namanya akan dicatat sejarah jika berhasil.

Ia menambahkan, saat negara-negara Arab sadar akan pengaruh Iran yang semakin besar, Israel pun menjelma sebagai opsi bagi kemitraan yang baik. Menurutnya itu akan sangat bermanfaat dalam koalisi menghadapi Teheran serta sekutunya di Suriah, Hizbullah Syiah dan Hamas.

Disebutkan, kunci untuk membangun koalisi ada di Tel Aviv. Sedangkan syarat pertamanya adalah menyelesaikan konflik Israel dengan Palestina. Semua itu menurutnya tidak akan terwujud tanpa tekanan dari Saudi, Mesir dan Yordania.

Selain itu, Ganor menyebutkan, Israel sendiri tidak mungkin mewujudkan hal itu selama Hamas masih menjadi faksi kuat di Palestina. Ia juga optimis, koalisi yang dibangun akan menjadi kekuatan yang mampu menghadapi Iran. Hal itu sebab kekuatan dan kemampuan militer Israel. (whc/dakwatuna)

Sumber: Al-Jazeera

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Palestina Tolak Rekonsiliasi Tanpa Kemerdekaan

Figure
Organization