Topic
Home / Berita / Internasional / Turki Minta Jerman Serahkan Terduga Pelaku Kudeta Juli 2016

Turki Minta Jerman Serahkan Terduga Pelaku Kudeta Juli 2016

Menlu Turki, Mevlut Cavusoglu (aljarida.com)

dakwatuna.com – Ankara.  Menteri Luar Negeri (Menlu) Turki, Mevlut Covusoglu mengumumkan pihaknya telah mengirim surat kepada pemerintah Jerman, Rabu (16/08/2017).

Ia menjelaskan, surat tersebut berisi permintaan agar Jerman menyerahkan beberapa tokoh Jemaah Fethullah Gulen. Seperti diketahui, Jemaah Fethullah Gulen disebut-sebut sebagai otak dibalik upaya kudeta gagal di Turki pada Juli 2016 lalu.

“Ada laporan yang menyebutkan keberadaan Adil Oksuz (tersangka yang bertanggungjawab terhadap unsur-unsur yang merongrong militer Turki) di Jerman,” kata Mevlut kepada saluran TRT.

Ia menambahkan, “Kemenlu Turki telah mengirim nota resmi yang meminta investigasi keberadaan Oksuz, menangkapnya lalu menyerahkannya ke Turki.”

Sebagaimana diwartakan, pada 15 Juli 2016 terjadi upaya kudeta yang dilakukan sekelompok pasukan di militer Turki. Upaya tersebut dapat digagalkan melalui peran Masjid-masjid di Turki yang menggelorakan semangat  rakyat untuk mempertahankan demokrasi di Turki.

Belakangan, pemerintah Turki menyebut jemaah pimpinan seorang ulama kharismati Turki, Fethullah Gulen, sebagai otak dibalik upaya kudeta gagal tersebut. Selain melakukan pembersihan instansi negara dari unsur Jemaah, pemerintah Turki juga memasukkan Jemaah sebagai golongan organisasi teroris. (whc/dakwatuna)

Sumber: Anadolu Ajansı Arabic

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Ini Alasan Turki Beli Sistem Pertahanan dari Rusia

Figure
Organization