Home / Berita / Silaturahim / Gebyar Pelita Ramadhan Kampus UI 1438 Salam UI 20

Gebyar Pelita Ramadhan Kampus UI 1438 Salam UI 20

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com – Menyongsong Kemenangan Hakiki dengan Ramadhan yang diberkahi
Segenap Sivitas Akademika Universitas Indonesia disuguhi Jamuan Ramadhan Istimewa kali ini, namanya Pelita Ramadhan Kampus (PERAK) yang merupakan Rangkaian agenda Ramadhan mahasiswa Universitas Indonesia dalam upaya mendekatkan diri pada Allah SWT dengan kesibukan Rabbani.

PERAK yang diinisiasi oleh Kerohanian Islam – SALAM UI lewat kerjasamanya dengan berbagai pihak antara lain Pimpinan Universitas, Alumni dan para sponsor serta donatur itu telah berjalan semararak dengan berbagai rangkaian kegiatan yang telah berlangsung sejak Pra Ramadhan, lalu sepanjang Ramadhan dan InsyaAllah Pasca Ramadhan. Diharapkan melalui Syi’ar Ramadhan di lingkungan Universitas Indonesia, terutama bagi mahasiswanya memberi Energi Positif bagi pengokohan Jati diri Muslim Cendekia dan Penggerak dinamika Ummat Islam di Indonesia dan Peradaban Dunia.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan PERAK menghimpun mahasiswa dari berbagai latar belakang fakultas dan generasi untuk terlibat aktif dan berkontribusi didalamnya, hingga jalinan Silaturrahim ini memberi warna sejati dari Kesatuan, Solidaritas dan Ukhuwah dalam bingkai NKRI yang di Ridhoi Allah SWT, sebagaimana generasi terdahulu memberi ketauladanan yang itimewa dalam menjaga ke-binekaan yang Ika ini.
Sebagaimana yang disampaikan oleh Vikri selaku Ketua Pelaksana PERAK, Pelita Ramadhan Kampus (PERAK) 1438 H terdiri dari beberapa rangkaian acara, dimulai pada tanggal 24 Mei 2017 Pukul 16.00 – 18.00 WIB lewat soft movement yang diikuti sekitar 150 mahasiswa yang terbagi dalam berbagai pos/meeting point, yaitu Stasiun UI, Stasiun Pondok Cina, Halte Kukusan Teknik hingga Asrama Mahasiswa, dengan tujuan utamanya sebagi ‘warming up’ atau Tarhib dalam menyemarakkan sambutan H–3 memasuki Ramadhan di lingkungan Kampus UI, kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas yang membawa berbagia atribut kesemarakan Ramadhan seperti poster, banner, umbul-umbul berisi kebahagiaan dan soft campaign penyambutan Ramadhan berikut pembagian cuma-cuma snack bagi hadirin yang melintas di sekitarnya.
Rangkaian berikutnya yakni kegiatan ‘Takjil On The Road’ yang dilaksanakan mulai tanggal 2 Juni 2017 Pukul 16.00 – 18.00 WIB, dilokasi-lokasi Strategis seperti di Simpangan Jalan Ir. H Juanda Margonda Raya Depok, dan perhentian penumpang bis disekitar Mall sepanjang Jalan Raya Margonda, dimana kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 50 mahasiswa terbagi dalam beberapa pos pembagian.

Panitia menyiapkan sekitar 500 Takjil untuk berbuka puasa tersebut bertujuan untuk memudahkan pengendara yang berbuka sekaligus menyapa publik pengguna jalan mereka yang belum sampai ke tujuan perjalanannya. Hal ini diharapkan pula menjadi ajang Silaturrahim dan ekspresi ‘down to earth’ antara mahasiswa dengan masyarakat sekitar lingkungan kampus yang biasanya kegiatan diakhiri dengan doa dari Ketua Salam UI Fahruddin Alwi.
Rangkaian kegiatan PERAK dilanjutkan pada tanggal 3 Juni 2017 dengan melaksanakan kegiatan Tour de Village yaitu kegiatan Pesantren Kilat anak usia dini yang berlokasi di Kp. Bojong Pondok Terong RT. 04 RW. 08 Citayam samping St. Citayam, Desa Citayam, Depok. Kegiatan dimulai pukul 13.00 – 15.00 WIB. Kegiatan diisi dengan pembacaan cerita oleh Kak Syukri (Departemen Geografi FMIPA UI 2015) mengenai puasa Ramadhan dimeriahkan dengan games serta ditutup dengan pembagian bingkisan kepada sekitar 50 anak di sana.

Lewat kegiatan inipun diharapkan mampu mengasah kepedulian serta sensitifitas dari mahasiswa terhadap denyut kehidupan masyarakat, terlebih yang membutuhkan perhatian khusus dan menyadari peran dan bekal mahasiswa yang kelak akan tampil menjadi pemimpin yang telah hadir dalam keprihatinan mereka sejak sebagai mahasiswa.

Tidak kalah menarik dan menginspirasi juga, SALAM UI bekerjasama dengan Pengurus Masjid UI kehadiran 400-an anak usia TK dan SD yang notabene anak-anak dari alumni atau dosen UI atau masyarakat umum yang beramai-ramai secara antusias mengikuti kegiatan Pesantren Kilat anak (PESIAR Ramadhan) pada 10-11 Juni 2017.
Kegiatan Pelita Ramadhan Kampus (PERAK) 1438 H disempurnakan dengan kegiatan puncak yang bertajuk Gebyar Pelita Ramadhan Kampus berupa ceramah dan buka puasa bersama yang dilaksanakan pada 10 Juni 2017 di Gedung F Auditorium Juwono Sudarsono FISIP UI, Kota Depok.

Kegiatan diikuti oleh Mahasiswa dari berbagai fakultas, Ketua BEM, Ketua DPM, dan ketua Lembaga Dakwah se-UI beserta dengan ILUNI UI, dan dengan pejuang Kebersihan UI dan Supir Bis Kuning (Bikun). Kegiatan diisi dengan bebaga mata acara di antaranya sambutan, pemutaran video, pengenalan dari Rumah Zakat dan ACT kemudian pengumuman lomba video kreatif, dan diakhiri dengan tausyiah dari Ustadz Farid Numan Hasan, S.S (Alumni Sastra Arab FIB UI) yang sangat menyejukkan.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sembako kepada sekitar 150 orang yang terdiri dari pejuang kebersihan dan supir bikun UI. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada pegawai Masjid Ukhuwah Islamiyah (Masjid UI) sejumlah pegawai, terdapat 26 pegawai Masjid UI mulai dari kebersihan, keamanan dan lainnya. Semoga dapat terjalin silturahim antar mahasiswa dengan civitas akademika UI, termasuk kepada pegawai UI.
Lewat berbagai agenda Ramadhan bernama PERAK 1438H dari Salam UI20 ini panitia berharap kegiatan ini bisa terus berlanjut dan berkembang pada masa berikutnya. Hingga Ramadhan selalu penuh warna dalam membangkitkan Inspirasi serta kebanggaan akan nilai Kejuangan bagi mahasiswa muslim dambaan ummat melalui kegiatan Semarak ramadhan seperti PERAK ini. (sb/dakwatuna.com)

Advertisements

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Sekjend Persatuan Insinyur Indonesia (PII) – BK Material
Dosen President University

Lihat Juga

Jangan Jadi Generasi Tahu Bulat