Topic
Home / Berita / Nasional / Latihan Bela Negara FPI, Menhan: Nggak Izin Saya Juga Gak Apa-Apa

Latihan Bela Negara FPI, Menhan: Nggak Izin Saya Juga Gak Apa-Apa

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. (viva.co.id)

dakwatuna.com – Jakarta.  Latihan bela Negara anggota Front Pembela Islam (FPI) Lebak, Banten yang berbuntut pada pemecatan Komandan Distrik Militer (Dandim) Lebak, Letkol Czi Ubaidillah mendapat sorotan dari Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

Menurut Ryamizard, memang setiap kegiatan TNI yang berhubung  dalam melakukan program bela negara harusnya atas seizin dari Kementerian Pertahanan, Namun ketentuan perizinan itu tidak baku untuk dipenuhi.

“Saya baru selidiki training FPI, harusnya izin saya dulu tapi kalau nggak izin nggak apa-apa juga sih, cuma kalau ada hal yang luar biasa (saja),” kata Ryamizard di sela-sela acara HUT ke 44 Tahun PDIP, JCC, Senayan, Selasa (10/1/2017), dikutip dari rmol.co

Artinya, Menhan menegaskan bahwa selama pemberian materi program bela negara berujung pada sesuatu hasil yang positif maka tidak ada masalah.

“Ya kalau kita mengajarkan baik ya boleh kenapa nggak, semua bangsa ini harus bela negara, FPI juga bela negara,” demikian Ryamizard

Menhan menegaskan, tidak ada larangan siapa pun warga negara Indonesia untuk mengikuti program Bela Negara, termasuk FPI.

“Ya boleh saja, masa nggak boleh (FPI) ya. Saya makanya mau verifikasi ya kenapa bisa terjadi (kasus pencopotan),” kata Ryamizard,

Seperti diberitakan, Dandim Lebak, Letkol Czi Ubaidillah dicopot dari jabatannya karena menggelar latihan Bela Negara untuk anggota Front Pembela Islam (FPI). Ubaidillah dianggap menyalahi prosedur karena tak melapor ke atasan.

“Ditemukan kesalahan prosedur yaitu Dandim tidak berlapor terlebih dahulu baik kepada Danrem maupun Pangdam III/Siliwangi sebelum menyelenggarakan kegiatan Bela Negara,” ujar Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) III/Siliwangi Letkol Arh M Desi Ariyanto, Minggu (8/1/2017) seperti dilansir merdeka.com

Seperti apa sebenarnya latihan tersebut? Dalam akun instagram DPP_FPI diunggah foto kegiatan itu. Dalam caption ditulis ‘TNI dan FPI menggelar PPBN (Pelatihan Pendahuluan Bela Negara) serta tanam 10.000 pohon di Lebak Banten’. (SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization