Topic
Home / Berita / Nasional / Subhanallah, Polwan ini Hafal 20 Juz Alquran

Subhanallah, Polwan ini Hafal 20 Juz Alquran

Bripda Rizka Munawaroh, Anggota Polwan di Polda Sumatera Selatan ini hafal 20 Juz Alquran. (okezone.com)
Bripda Rizka Munawaroh, Anggota Polwan di Polda Sumatera Selatan ini hafal 20 Juz Alquran. (okezone.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Tidak banyak memang abdi negara dan pelayan masyarakat seperti Polisi yang mampu mendalami Alquran sebaik Bripda Rizka Munawaroh. Hal ini dapat dimaklumi mengingat dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi sangat sulit bagi seorang polisi untuk dapat dengan intensif mendalami Alquran termasuk menghafalnya.

Namun melihat apa yang dilakukan Bripda Rizka, semua bisa terbantahkan. Bagaimana tidak, ditengah kesibukan menjalankan tugas sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat tidak membuat Bripda Rizka Munawaroh lupa memperdalam ilmu agama. Di sela-sela jadwal padatnya sehari-hari, polwan dari Polda Sumatra Selatan ini tetap giat menghafal Alquran. Bahkan, saat ini Bripda Rizka telah mampu menghafal 20 juz Alquran.

Rupanya Bripda Rizka punya kiat tersendiri dalam menghafal sebagian besar ayat suci tersebut.  Bripda Rizka terbiasa mengulang bacaan hingga tiga kali. Pengulangan itu dilakukan kepada setiap ayat yang dibacanya.

“Saya sudah punya niat menghafal Alquran sejak SD, tetapi sempat berhenti karena  saat itu maunya masih main terus. Setelah SMP, saya kembali menghafal dan terus dilakukan hingga saat ini,” tutur bungsu dari dua bersaudara ini seperti dikutip dari republika.co.id

Lewat ketekunannya, dara kelahiran Palembang, 15 Agustus 1996 ini optimistis bisa segera menghafal 30 juz Alquran. Menurut Bripda Rizka, hafalan Alquran yang dilakukannya ikut membantu sejumlah pencapaian hidupnya hingga saat ini. Dia mengaku sering mendapatkan berbagai kemudahan rezeki.

Salah satu pengalaman yang tidak bisa dia lupakan adalah saat harus memilih antara menjadi polwan dengan melanjutkan studi ke Mesir. Sebab, kuliah di Mesir telah lama menjadi cita-citanya.

“Saya memang ada cita-cita kuliah di Mesir dan kebetulan sudah ikut tes. Ternyata saya lolos tes. Di saat yang sama saya juga ikut tes menjadi polwan dan diterima,” kenangnya.

Kondisi itu sempat membuat Bripda Rizka merasa berat menentukan pilihan. Keinginan memperdalam ilmu agama ke Mesir tetap ingin dijalaninya. “Di sisi lain polwan juga masa depan yang mungkin tidak datang dua kali.”

Pilihannya kemudian jatuh pada polwan. Dia mengakui bahwa menjadi penegak hukum mungkin sudah ditakdirkan sebagai jalan hidupnya. Kini, keinginannya memperdalam ilmu agama tetap ia lanjutkan lewat menghafal Alquran. Dia juga berharap agar selalu bisa menjadi penegak hukum yang lebih adil dalam penegakan hukum.

Aktifitas keagamaan yang ditunjukkan Polwan ini juga dilakukan oleh para Polwan di jajaran Polres Karang Anyar, Jawa Tengah. (baca: Jelang Berbuka Puasa, Polwan Ikut Mengajar Ngaji)

Mereka memanfaatkan waktu luang saat tidak berdinas untuk berdakwah, yaitu mengajar membaca Alquran di Masjid Al Huda, Kompleks Mapolres. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization