Topic
Home / Narasi Islam / Resensi Buku / Inovasi Kurikulum Dan Pembelajaran PAI SMA Berbasis Pendidikan Karakter

Inovasi Kurikulum Dan Pembelajaran PAI SMA Berbasis Pendidikan Karakter

dakwatuna.com – 

Judul Buku    : Inovasi Kurikulum Dan Pembelajaran PAI SMA Berbasis Pendidikan Karakter

Penulis            : Novan Ardy Wiyani, M.Pd.I.

Penerbit           : AR-RUZZ MEDIA

Tahun Terbit  : Cetakan 1, 2016

Tebal Buku    : 214 halaman ; 14 x 2I cm

ISBN             : 978-602-18895-9-6

Harga Buku   : Rp.47.000,00

 

Buku ini ditulis oleh Novan Ardy Wiyani, dalam hal ini penulis sudah berpengalaman dalam menulis buku, di antaranya buku yang telah ditulis adalah Format PAUD (Ar-Ruzz Media Yogyakarta), Pendidikan Karakter dan Kepramukaan (Citra Aji Yogyakarta), Manajemen Pendidikan Karakter (Insan Madani Yogyakarta), Pendidikan Karakter Berbasisi Iman dan Taqwa (Teras Yogyakarta) dan masih banyak buku lainya yg ditulis.

Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah kini menuai kritik tajam dari berbagai kalangan karena dipandang belum dapat menciptakan peserta didik yang shaleh pribadi (beriman) dan shaleh sosial (bertakwa). Alhasil, PAI belum memberikan kontribusi yang segnifikan dalam mengatasi masalah dekadensi moral, padahal berdasarkan undang-undang sistim pendidikan nasional no 20 tahun 2003, PAI mendasari pendidikan lainnya dan berkedudukan sebagai tolak ukur dalam pembentukan karakter peserta didik.

Buku ini hadir dihadapan pembaca mendiskrisipkan problematika perkembangan peserta didik SMA, kemudian mengungkapkan bagaimana peran guru pai dalam mengatasi problematika tersebut melalui 3 tahapan, yaitu perencanaan, pembelajaran PAI berbasis pendidikan karakter, pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis pendidikan karakter, dan penilaian hasil belajar PAI berbasis pendidikan karakter.

Kelebihan dalam buku ini menggunakan kertas HVS yang tidak mudah robek saat dibaca berkali-kali walaupun harganya terjangkau bukan berarti melupakan kualitas dari segi fisik buku. Buku ini menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hal itu tertuang dalam keseluruhan isi buku sehingga mudah untuk dipahami oleh pembaca. Di dalamnya terdapat ilmu pendidikan karakter PAI yang dapat diambil manfaatnya terutama untuk guru PAI, mahasiswa Fakultas Tarbiyah, dll. Kelebihan lain yang dimiliki buku ini, memiliki desain sampul yang menarik.

Kurikulum PAI di SMA dapat diartikan sebagai bahan-bahan pendidikan agama islam berupa kegiatan, pengetahuan, dan juga pengalaman yang dengan sengaja dan sistematis diberikan kepada peserta didik SMA dalam mencapai tujuan PAI. Dalam bahasa arab istilah kurikulum dikenal dengan istilah manhaj, yaitu jalan yang terang atau jalan yang dilalui manusia dalam bidang kehidupannya. Kurikulum yang digunakan di Indonesia adalah kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP).

Buku ini layak dibaca karena didalamnya memuat ilmu pendidikan karakter PAI. Buku ini sangat cocok dibaca oleh mahasiswa Fakultas Tarbiyah, guru PAI, dan guru mata pelajaran lainnya serta para pratisi pendidikan karena disetiap bab, penulis tidak hanya menyuguhkan berbagai teori kurikulum berbasis pendidikan karakter, tetapi juga memberikan penguatan dengan berbagai contoh pelaksanaannya berdasarkan pengalaman penulis ketika menjadi guru PAI ditingkat SD dan SMA. (SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

ICMI Rusia Gelar Workshop Penulisan Bersama Asma Nadia

Figure
Organization