Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / 17 Tentara India Tewas dalam Sebuah Serangan Mematikan di Kashmir

17 Tentara India Tewas dalam Sebuah Serangan Mematikan di Kashmir

India berlakukan jam malam di Kashmir (bbc.com)
India berlakukan jam malam di Kashmir (bbc.com)

dakwatuna.com – India. Sebanyak 17 orang tentara India tewas akibat serangan kelompok bersenjata ke markas militer India di daerah Uri, Kashmir, pada Minggu (18/9/2016).

Sebagaimana diberitakan Islam Memo (18/9/2016), mengutip keterangan pers pihak militer India, serangan tersebut tercatat yang paling sengit di Kashmir sejauh ini sejak 2014 lalu. Empat orang dari kelompok bersenjata ikut tewas dalam serangan tersebut.

Sebelumnya dikabarkan bahwa militer India pusat mengirimkan helikopter guna mengangkut sekitar 20 orang tentara yang terluka.

Menurut Mendagri India, Rajnath Singh, dirinya telah melaporkan kejadian tersebut kepada kepala pemerintahan dan militer India, dan senantiasa memantau perkembangan situasi setelah kejadian.

Situasi di Kashmir memanas sejak 8 Juli 2016, dipenuhi dengan berbagai aksi unjuk rasa menentang penjajahan India di wilayah mayoritas muslim tersebut.

Aksi-aksi unjuk rasa yang kembali marak dipicu oleh tewasnya Burhanuddin Wani, pemimpin Partai al-Mujahidin, salah satu gerakan terbesar rakyat Kashmir menentang India.

Sejak kematian Wani, tercatat sekitar 80 warga Kashmir tewas dan ribuan lainnya terluka akibat tembakan senjata aparat kepolisian India yang menghadang dan membubarkan aksi-aksi unjuk rasa tersebut, sehingga menuai kecaman dari berbagai lembaga HAM. (rem/dakwatuna)

Sumber: BBC dan Islam Memo

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization