Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Pakistan Peringatkan Kemungkinan Meletusnya Perang Nuklir dengan India

Pakistan Peringatkan Kemungkinan Meletusnya Perang Nuklir dengan India

Wilayah mayoritas muslim Kashmir yang terus bergolak (islammemo.cc)
Wilayah mayoritas muslim Kashmir yang terus bergolak (islammemo.cc)

dakwatuna.com – Pakistan. Deputi PM Pakistan untuk wilayah Punjab, Muhammad Shahbaz Sharif, mengingatkan pada Jumat kemarin (10/9/2016) bahwa pertikaian lama yang kembali mencuat di wilayah Kashmir dapat menimbulkan ancaman yang memicu perang nuklir di kawasan Asia Selatan.

Sebagaimana diberitakan Islam Memo (10/9/2016), Sharif menyatakan bahwa perjuangan rakyat Khashmir telah menyebabkan India menyamakan secara membabi buta gerakan teroris dengan gerakan rakyat Kashmir menuntut haknya untuk menentukan masa depannya.

“Masyarakat internasional harus terketuk untuk bergerak dan melaksanakan tanggung jawabnya menghalangi dan menghentikan kesewenang-wenangan yang dilakukan Pemerintah India.

Situasi di Kashmir kembali memanas setelah India disinyalir kuat di balik pembunuhan pemimpin rakyat Kashmir, Burhan Wany, pada 8 Juli 2016 lalu, memicu ribuan rakyat Kashmir menggelar aksi unjuk rasa, yang ditangani kepolisian India dengan kekerasan.

Akibatnya, 70 orang meninggal dan sekitar 7000 lainnya terluka akibat kekerasan India dalam menghadapi gelombang unjuk rasa di Kashmir, yang disebut terbesar sejak 2010 lalu.

Sharif menegaskan bahwa pemerintah dan rakyat Pakistan menyampaikan dukungan dan solidaritasnya untuk saudara-saudaranya di Kashmir, dan akan terus mengupayakan penyelesaian konflik berbau agama itu ke level internasional.

Kashmir adalah wilayah mayoritas Muslim yang diklaim India sebagai bagian wilayahnya. Kekerasan aparat kepolisian India senantiasa memicu pergolakan berdasar di wilayah yang ingin bergabung dengan Pakistan atau berdiri sendiri itu hingga kini. (rem/dakwatuna)

Sumber: Islam Memo

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization