Home / Berita / Silaturahim / Operasi Timbang Balita, Cara Efektif Temukan Kasus Gizi Buruk

Operasi Timbang Balita, Cara Efektif Temukan Kasus Gizi Buruk

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Operasi timbang balita merupakan salah satu cara efektif dalam penemuan kasus masalah gizi buruk. (Itho & Itha/Putri/PKPU)
Operasi timbang balita merupakan salah satu cara efektif dalam penemuan kasus masalah gizi buruk. (Itho & Itha/Putri/PKPU)

dakwatuna.com – Makassar. Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU kembali mengembangkan pilar-pilar pemberdayaannya di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, yang berpusat di Desa Sapanang Kecamatan Binamu dengan mengadakan operasi timbang balita, jumat (19/02/2016).

Operasi timbang balita yang telah diinisiasi oleh PKPU tersebut merupakan salah satu cara efektif dalam penemuan kasus masalah gizi, baik itu masalah gizi kurang ataupun gizi buruk di desa tersebut.

Kegiatan operasi timbang balita ini diikuti oleh sekitar 85 balita dari 100 kupon yang disebar ke dua dusun yakni dusun Ka’nea dan dusun Saroanging. Dimana sebelumnya kupon tersebut diberikan melalui kader-kader pemberdayaan masyarakat desa Sapanang. Beberapa orang tua balita yang tidak hadir dikarenakan kebanyakan dari mereka sedang sibuk di kebun masing masing.

Semua Balita yang hadir wajib diregistrasi dan kemuadian dilakukan penimbangan, pengukurang tinggi badan dan lingkar lengan atas balita. Dari Sekitar 85 balita yang hadir, didapatkan 18 balita  terindikasi mengalami gizi kurang dan 5 diantaranya terindikasi mengalami gizi buruk. Semua balita yang terindikasi mengalami masalah gizi kurang ataupun buruk nantinya akan dilakukan pembinaan dalam program Sekolah Gizi Ibu Balita PKPU.

Kehadiran PKPU di wilayah tersebut sangat diapresiasi oleh warga desa Sapanang terutama bapak Lukman Na’ga selaku kepala desa Sapanang.

“PKPU adalah tamu desa kita dan kami siap memberikan yang terbaik terhadap setiap program PKPU karena program gizi ini tentu akan sangat dirasakan manfaatnya oleh warga desa Sapanang itu sendari” Ungkapnya saat dilakukan sosialisasi Program PKPU beberapa waktu yang lalu. (Itho/Itha/Putri/PKPU/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

(Video) Petugas Refleks Selamatkan Seorang Balita dari Tergelincir ke Bawah Kereta Api

Organization