Topic
Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / Relevan di Setiap Tempat dan Masa

Relevan di Setiap Tempat dan Masa

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (vk.com)
Ilustrasi. (vk.com)

dakwatuna.com – Roda zaman ini lebih cepat berubah dari cuaca. Ia akan melindas apa saja dan siapa saja yang tidak mampu menyesuaikan dengan masanya. Banyak orang-orang yang tertinggal dan hanya termangu. Ia bercerita, “Dulu di zaman saya, ada ini dan itu, saya dulu …..”. Banyak perusahaan tumbang karena tidak mampu dan terlambat dengan cepatnya perubahan. Banyak pula organisasi besar yang tiba-tiba hilang dari peredaran.

Setiap masa ada pemimpinnya dan setiap pemimpin ada masanya, “Likulli marhalatin mutaqallabatuha, likulli marhalatin muqtadhayyatuha, wa likulli marhalatin rijaluha.” (Setiap masa ada tuntutannya, setiap masa ada konsekuensinya, dan setiap masa ada pelaku sejarahnya).

Untuk dapat relevan di setiap masa, setiap kita harus menpunyai narasi yang kokoh dan nilai. Bukan sekedar nilai, tetapi nilai plus. Karya yang senantiasa terupdate dengan zamannya. Para followers tanpa narasi dan nilai, ia akan terlunta-lunta dengan perubahan masa.

Tuntutan dan konsekuensi setiap masa harus dipenuhi dengan sempurna. Gagal memenuhinya, berarti gagal menjadi pelaku sejarah di masanya. Mengerjakan agenda di masa kini tidak relevan dikerjakan dengan cara di masa lalu. Dan semua yang di masa lalu menjadi bahan penyempurnaan untuk masa kini dan yang akan datang.

Zaman boleh berubah, periode boleh berganti. Namun, pastikan setiap kita selalu relevan di setiap tempat dan masa. Dan bukan golongan orang-orang yang tertinggal.

Allahu A’lam bishshawab.

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
Pengajar.

Lihat Juga

Proses Penciptaan Alam Semesta Dalam Enam Masa

Figure
Organization