Topic
Home / Berita / Nasional / PUI: Pelaku Penistaan Agama Harus Dihukum

PUI: Pelaku Penistaan Agama Harus Dihukum

penistaan agama
Ilustrasi. (republika.co.id)

dakwatuna.com – Jakarta.  Penistaan terhadap simbol-simbol agama yang terus terjadi belakangan ini menuntut tindakan cepat dan ketegasan dari aparat keamanan. Untuk itu, Persatuan Umat Islam (PUI) meminta komitmen aparat mengusut semua kasus penistaan simbol agama Islam yang terjadi berkali-kali.

mengatakan aparat keamanan seharusnya bertindak cepat dan tegas atas persoalan ini.

“Jika ada unsur penodaan dan penistaan agama maka harus dipidanakan dan dihukum secara tegas para pelakunya,” ujar Sekjen PUI Iman Budiman kepada republika.co.id, Selasa (5/1/16).

Menurut Budiman, kasus-kasus  seperti terompet dari sampul Alquran, sandal berlafadz Allah dan lain sebagainya,  jangan hanya sekedar ribut di media setelah itu tidak jelas penyelesaiannya. Pengusutan sampai tuntas ini penting untuk memberikan efek jera.

Menurut dia, bila hanya ramai di media tapi aparat tidak bertindak, kejadian ini akan terus berulang, padahal jelas ada aktor intelektual di balik semua ini. Iman menilai mereka dengan sengaja ingin  memancing  reaksi/kemarahan ummat Islam.

Selain itu, terkait Insiden sajadah atau karpet shalat yang dijadikan alas menari di acara Hari Amal Bakti ke 70 kanwil Kemenag DKI Jakarta,  PUI berharap pihak kemenag harus segera meminta maaf secara resmi dan terbuka menjelaskannya ke publik agar tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, ratusan terompet tahun baru berbahan sampul Alquran dijual di sejumlah Alfamart di Kendal, Jawa Tengah. Ratusan terompet yang berbahan cover Alquran tersebut ditutupi plastik berwarna biru dan ornamen hiasan plastik kuning emas pada bagian ujungnya. (baca: Sejumlah Alfamart di Kendal Jual Terompet Bersampul Alquran, Ini Lokasinya)

Ratusan terompet tersebut saat ini sudah disita Polres Kendal setelah ada laporan dari warga yang merasa resah dengan peredaran itu. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

PM Pakistan Janji Seret Penistaan Agama Islam ke PBB

Figure
Organization