Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Gunakan Suara Adzan Sebagai BGM, Anime Noragami Aragoto Minta Maaf

Gunakan Suara Adzan Sebagai BGM, Anime Noragami Aragoto Minta Maaf

Noragami Aragoto. (animedrama.tv)
Noragami Aragoto. (animedrama.tv)

dakwatuna.com – Jakarta.  Sebuah anime bertajuk Noragami Aragoto baru saja menghebohkan dunia maya. Pasalnya, belakangan diketahui kalau sebuah musik latar atau background music (BGM) di salah satu episode terdengar mirip suara azan.
Menyadari hal tersebut dapat berakibat fatal, komite produksi anime Noragami Aragoto menyampaikan permohonan maaf secara resmi dan memberhentikan pendistribusian lagu tersebut.

Dalam surat pernyataan resmi yang termuat dalam noragami-anime.net, yang dilansir republika.co.id, menyatakan penggunaan lantunan mirip azan sebagai BGM atau musik latar anime Noragami season 2 tersebut berdasarkan ketidaktahuan. Komite produksi mengatakan sama sekali tidak mengetahui bahwa material audio yang mereka gunakan merupakan lantunan suara azan.

Komite mengatakan pihaknya menggunakan material audio yang tersedia secara komersil tersebut tanpa mengetahui bahwa audio tersebut memiliki keterkaitan dengan kepercaan pemeluk agama tertentu. Komite produksi menekankan penggunaan lantunan itu bukan untuk menghina Islam, tetapi sebuah kesalahan.

“Musik latar ini dibuat tanpa melakukan konfirmasi terlebih dahulu terhadap arti dari lantunan (mirip azan) tersebut,” jelas komite produksi dalam surat yang dikeluarkan pada 5 Desember, kemarin.

Sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian, komite produksi memutuskan untuk menghentikan distribusi dari Noragami Aragoto Original Soundtrack, Noragami no Oto 2. Kumpulan musik latar Noragami Aragoto ini sudah mulai beredar di pasaran sejak 25 November lalu.

“Ke depannya, agar tidak mengulangi kesalahan yang sama, kami akan memberi perhatian lebih dalam proses produksi dan konten yang terkandung dalam program yang diproduksi,” kata komite produksi.

Kontroversi Noragami Aragoto

Sebelumnya diberitakan liputan6com, musik latar berjudul Push Buttons 6 yang mengundang kontroversi itu, awalnya dibuka dengan iringan distorsi gitar bernuansa metal. Setelah itu, ketukan dan iringan ala musik trance (disko) pun menyusul kemudian.

Barulah kemudian suara vokal yang melantunkan kumandang azan diperdengarkan. Jika mendengar lagunya dalam versi utuh, vokal tersebut benar-benar melantunkan kumandang azan dari awal hingga akhir, sementara alunan musik elektronik terus mengiringinya.

Banyak umat Islam di dunia maya yang menyayangkan keberadaan musik latar ini sebagai pengiring episode keenam Noragami Aragoto.

Apalagi di dalam animenya, musik ini dijadikan pengiring adegan pertempuran yang tak ada kaitannya dengan ajaran agama Islam.

Noragami Aragoto mengudara sejak Oktober 2015. Anime yang sudah memasuki musim kedua ini diadaptasi dari manga Noragami karya Adachitoka yang terbit sejak 2010 lalu. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Pengadilan di Jerman Larang Kumandang Adzan Jumat dengan Pengeras Suara

Figure
Organization